Verifikasi Lomba IVA Test Tingkat Provinsi, dr. Sheila Harap Kecamatan BMT Raih Juara

SWARNANEWS.CO.ID., OKUT – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, SpA. M.Kes, menghadiri penilaian Lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Acara ini dilangsungkan di Kecamatan Buay Madang Timur, Kamis, 3 Agustus 2023.

Kehadiran Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes dan para Tim Penilai IVA Tes dari TP PKK Provinsi Sumsel, disambut dengan penampilan Marching Band SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah dan Tari Gending Sriwijaya dari Sanggar Tari Jelita.

Turut Hadir Kapala Dinas Kesehatan Ya’kub, SKM. M.M, Camat Buay Madang Timur M. Andrie, S.IP, Kepala UPTD Puskesmas Rawa Bening, Pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan Buay Madang Timur, serta Ketua TP PKK Desa Se-Kecamatan Buay Madang Timur.

Sementara Tim Penilai yang turun langsung dari TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, dipimpin oleh Ketua Tim Penilai Dr. Hj. Erly Yani, M.Kes, bersama dua anggota tim penilai yaitu Hartati Hikmawati, S.Sos dan Hj. Yusniwati.

Dalam Sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, SpA. M.Kes mengucapkan terima kasih, kepada tim penilai yang telah menetapkan Kecamatan BMT untuk menjadi nomisasi.

Ia berharap, BMT bisa menjadi juara 1 dan menjadi yang terbaik, namun untuk menggapai itu, dirinya meminta agar semua unsur penilaian harus terpenuhi.

dr. Sheila juga menyinggung soal Kanker Cerviks menjadi penyebab kematian nomor 2 pada perempuan setelah kanker payudara.

“Untuk menghindari dan mencegah hal itu adalah tugas kita semua selaku TP PKK dengan terus memberikan penyuluhan dan edukasi tentang penyebab dan gejala Ca Cerviks. cara untuk menghindari Ca Cerviks adalah menghindari bergonta-ganti pasangan, berhubungan yang sangat mudah, dan selain itu dengan melakukan IVA Test”.

dr. Sheila menambahkan, gerakan yang dilakukan harus masif untuk memberikan penyuluhan dan edukasi kepada perempuan-perempuan terutama pada usia subur.

“Harapan saya IVA Test tidak hanya digaungkan pada saat adanya penilaian dan perlombaan, namun harus secara rutin dilakukan terutama jika terdapat indikasi-indikasi yang membahayakan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai IVA Tes Dr. Hj. Erly Yani, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah menetapkan Kecamatan BMT sebagai Juara 1 Tingkat Kabupaten.

“Dan masuk dalam nominasi 4 besar Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, hal ini juga sesuai dengan penilaian profil dan aspek penilai lainnya yang tentu kami lakukan secara objektif”.

Dr. Hj. Erly juga mengatakan, pemeriksaan IVA Test ini sebetulnya sangat murah, hanya dengan menggunakan asam asetat yang dilarutkan, maka bukan perkara yang susah bagi puskesmas dan kecamatan untuk mengadakan pemeriksaan IVA test ini.

“Kemudian yang perlu juga diantisipasi dan diperiksa adalah tentang CA Cerviks serta gejala kanker payudara. Saya doakan, Semoga Kecamatan Buay Madang Timur ini bisa jadi pemenangnya”.

Di sela sela acara ditampilkan Yel-yel IVA Test oleh TP PKK Kecamatan Buay Madang Timur. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari TP PKK Kecamatan Buay Madang Timur dalam tahap penilaian atau verifikasi Lomba IVA Test. Dan terakhir dilakukan pemeriksaan secara langsung IVA Test dan Sadani oleh Tim Penilai Provinsi Sumatera Selatan. (*)
Teks: Rill/Prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *