BPBD OKU Timur Bentuk Desa Tanggap Bencana di Kecamatan BP Bangsa Raja

SWARNANEWS.CO.ID., OKUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur, melakukan kegiatan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.

Dengan pembentukan Desa Tanggap Bencana. Kegiatan ini berlangsung di Desa Muncak Kabau Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja Kabupaten OKU Timur sunsel, Kamis tanggal 14 Desember 2023.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Mury Alfiansyah, S, STP. dari BPBD Provinsi Sumatera Selatan dan Ika Leohayati, SKM., dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur.

Mgs. Habibullah sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 80 orang.

Terdiri dari TRC 20 Kecamatan, TRC Desa Muncak Kabau, Desa Sabah lioh, Desa Baturaja Bungin, dan Desa Gunung Batu masing-masing membawa 5 peserta.

“Desa-desa tersebut sudah ditetapkan sebagai Desa tangguh bencana” jelasnya saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp pribadinya, Selasa, (19/12/2023).

Mgs. Habibullah juga menyampaikan, kegiatan sosialisasi atau pelatihan seperti ini perlu dilakukan secara rutin, gunanya untuk pencegahan atau kesiap siagaan terhadap bencana dan agar masyarakat Desa cepat tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana.

“Dalam melakukan pencegahan bencana, kita perlu melakukan koordinasi dan kerjasama antara TRC BPBD Kabupaten OKU Timur dan TGC Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur, itu untuk penanggulangan bencana,” pungkasnya. (*)

Teks: Prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar