Dana Desa OKU Timur Naik Sekitar Rp 3 Miliar, Wabup Yudha Sampaikan Masalah Pentingnya Administrasi

SWARNANEWS.CO.ID., OKUT – Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. menghadiri penyerahan Simbolis Dana Desa Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Rakyat Setda OKU Timur, Selasa, 20 Februari 2024.

Dalam sambutan, Bupati Enos menyampaikan pentingnya mengurus administrasi.

Dikatakannya, administrasi merupakan landasan utama dari pekerjaan fisik, karena nantinya administrasi yang menjadi patokan dari aparat penegak hukum termasuk BPKP dan BPK.

“Agar suasana Kabupaten OKU Timur tetap damai, tentram tanpa ada gangguan apapun. Ke depannya administrasi diutamakan, dan pemangku kebijakannya yang mengarahakannya,” tuturnya.

Bupati juga meminta setiap perubahan administrasi harus diiringi dengan justifikasi teknis.

“Karena jika tidak diiringi dengan justifikasi teknis, maka perubahan tersebut dianggap tidak prosedural, jika sudah begitu kita akan menerima hukumannya,” terang bupati.

Ia juga menjelaskan setiap kecepatan penyerapan dan penggunaan dana desa tentu akan dinilai dan mendapatakan penghargaan berupa bantuan fiskal dari Kementerian Keuangan.

“Tahun 2023 saya mewakili untuk menerima bantuan fiskal. Tahun 2024 saya ingin semangat ini tidak pernah pudar. Kita harus bersemangat, jika melihat luas wilayah dan jumlah masyarakat, anggaran kita masih minim. Tanpa kita berprestasi tambahan tidak pernah kita dapatkan untuk disalurkan ke masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan bupati, Wabup Yudha juga menambahkan, untuk lebih teliti dalam setiap mengurus administrasi.

Selain itu, ia mengingatkan dalam menggunakan anggaran untuk berhati-hati.

“Dana anggaran itu adalah amanah, saya pesan kepada Kepala Desa untuk menggunakan dengan bijak dan dijalankan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD H. Rusman, S.E., M.M. dalam laporannya mengungkapkan penerimaan dana desa di Kabupaten OKU Timur mengalami peningkatan.

“Pada tahun 2024 kita mendapatkan dana desa sebesar Rp 261.814.844.000. Tahun sebelumnya mendapatkan Rp 256.846.091.000,-” katanya.

Dana Desa yang diterima OKU Timur tahun ini mengalami kenaikan sekitar Rp 3 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Dijelaskannya, progres penyaluran dana desa tahun 2024 hingga saat ini tahap 1 dana desa telah disalurkan untuk 93 desa dan masih dalam proses penyaluran dana desa untuk 122 desa.

Pada kegiatan ini juga diserahkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi bagi kecamatan, pemerintah desa, bumdes dan operator desa.

Turut hadir Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dan perwakilan Forkopimda. (*)

Teks: Rill/Prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *