Caleg DPRD Kabupaten OKU Timur Nilai Pleno Rekapitulasi Hasil Suara Tingkat PPK di OKU Timur Banyak Kecurangan

SWARNANEWS.CO.ID, OKUT – Rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di OKU Timur, diduga banyak alami kecurangan sehingga sangat merugikan Calon Legislatif (Caleg) yang mengikuti kontestasi.

Dikatakan banyak kecurangan, berdasarkan hasil temuan saksi dari Parpol ada C Pleno yang sudah ditipe X sehingga ini sangat berpotensi merugikan Calon Legislatif.

Oleh karena itu, KPU OKU Timur sebagai penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan ini diimbau membuat kebijakan yang tidak merugikan Caleg.

Calon Legislatif DPRD OKU Timur yang diusung dari Partai Amanat Nasional (PAN) Andi Fernando, SPd, mengatakan, pihaknya menduga banyak kecurangan saat Pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat PPK.

Untuk itu dia mengatakan kepada KPU OKU Timur, dikarenakan banyaknya temuan terjadi ditingkat pleno PPK. Membuat Caleg tidak percaya lagi dengan hasil perolehan suara baik yang ada di C salinan maupun C hasil plano.

“Yang kita ketahui suara rakyat yang ada di kotak suara dihitung ulang. Karena ternyata C plano sudah ditipe X sehingga jika memang KPU ingin asumsi masyarakat ersih dari manipulasi KPU harus ada kebijakan yang tidak merugikan Caleg,” jelasnya, Sabtu, (25/02/2024)

Andi juga mencontohkan di salah satu TPS yang ada di OKU Timur, jumlah hasil suara jika dijumlahkan mencapai 23.

Namun setelah diperiksa saksi, ternyata sudah jumlah suara sudah dan dimasukan kesalah satu Caleg tertentu, alasan pihak PPK untuk melengkapi agar menjadi 24.

“Jika memang benar tidak ada penambahan kok ini ditambah sehingga menjadi pertanyaan dikalangan Caleg dan masyarakat.

“Kondisi ini tentu membuat Caleg tidak percaya dengan C salinan dan C hasil Plano dan hanya percaya disurat suara yang ada di kotak suara. Sehingga kotak suara yang ada harus dibuka agar transparan. Bahkan harus dilakukan ulang dibeberapa TPS. Karena hitung ulang diperbolehkan jika memang ditemukan kecurangan,” tukasnya. (*)

Teks: Rill/Prabu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar