Atasi Tingginya Harga Beras di Palembang, Ini yang Dilakukan PJ Walikota Ratu Dewa

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Harga beras di Kota Palembang masih tergolong tinggi.

Untuk harga beras di sejumlah Pasar Tradisional Palembang rata-rata Rp 12.500 untuk beras medium, biasanya harga normal berkisar Rp10 ribu.

Sementara beras premium di angka Rp15 ribu, harga normal berkisar Rp12 ribu.

Pj Wali Kota Palembang ratu Dewa membenarkan mengenai harga beras masih tinggi di pasar tradisional Palembang.

Memang benar beras masih mengalami sedikit kenaikan, saya sudah tinjau di beberapa Pasar Tradisional seperti Pasar Palimo, 16 Ilir, Sako, Lemabang dan sebagainya,” kata Ratu Dewa kepada SUMEKS.CO pada Sabtu 23 Maret 2024.

Dijelaskan Ratu Dewa, harga beras masih tinggi di Palembang dikarenakan pengaruh besarnya pada pasokan, seperti yang dialami nasional.

Saya kira penyebabnya sama dikarenakan pasokan berasnya, karena tingkat nasional juga begitu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Ratu Dewa menuturkan ia meminta Dinas Perdagangan Palembang rutin melakukan operasi pasar pada Senin, Selasa, dan Kamis.

“Saya juga meminta koordinasi distributor komunikasikan persoalan beras di Palembang,” tuturnya.

“Selain saya memonitoring pasar tradisional terus juga telah memastikan bersama BBPOM agar bahan pokok di Pasar Tradisional Palembang aman dari zat bahaya,” tutupnya.

Salah satu langkah Ratu Dewa menyikapi beras masih tinggi ialah menggencarkan operasi pasar.

Diketahui, Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 masuk dalam program Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumsel (GPISS).

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang, Isnaini Madani menjelaskan Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 digelar di berbagai Kecamatan.

“Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 ini dalam rangka pengendalian inflasi di Sumsel termasuk Kota Palembang yang telah digelar sebelum bulan Ramadan yakni pada 29 Januari 2024 lalu. Saat bulan Ramadan masih berlangsung hingga 5 April 2024,” jelasnya Rabu 20 Maret 2024.

Dikatakan Isnaini Madani Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 dalam program GPISS sekaligus menggelar bazar Ramadan.

“Karena sekarang masih menjalankan program GPISS Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 jadi kita sekalian bazar Ramadan bertujuan memberikan harga murah untuk masyarakat membeli Sembako dan kebutuhan lainnya,” katanya.

Lanjut Isnaini Madani menuturkan, harga yang dijual pada Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 lebih murah dibandingkan harga pasaran.

“Beragam selisih ada yang seribu, dua ribu, hingga lima ribu rupiah. Bahkan sekarang telor antara Rp30 ribu sampai Rp32 ribu di pasaran. Namun di operasi pasar dijual hanya Rp27 ribu,” tuturnya.

Kendati itu, Isnaini Madani berharap melalui Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 dapat membantu masyarakat.

“Semoga masyarakat Kota Palembang terbantu dengan adanya Operasi Pasar Murah Kota Palembang Tahun 2024 dan bazar Ramadan ini,” ungkapnya. (*)