Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Foksuma Terlibat Aktif  Sukseskan Gerakan Serentak di Sumsel

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak Forum Suara Mahasiswa Sumatera Selatan (Foksuma), untuk terlibat aktif menyukseskan program Gerakan Serentak di Sumsel.

Menurutnya, sudah selayaknya mereka sebagai mahasiswa turut berperan aktif dalam pembangunan daerahnya sendiri.

Pemerintah dalam hal ini pemprov Sumsel terus berupaya melaksanakan program strategis bagi masyarakat.

“Sperti penanggulangan karhutla dan bencana, penanganan inflasi, penanganan stunting, pelaksanaan pemilu pada tanggal 14 Februari lalu, dan selanjutnya pilkada, juga penurunan kemiskinan ekstrem,” ucap Fatoni saat menerima audiensi dari Foksuma di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (29/3/2024).

Berbagai program strategis tersebut telah diwujudkan melalui pelaksanaan Gerakan Serentak.

Mulai dari Gerakan Serentak Pasar Murah/Pangan Murah, Gerakan Penanganan Inflasi Serentak se-Sumsel, Gerakan Penanganan Stunting Serentak se-Sumsel, Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumsel dan Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumsel.

“Pada Selasa tadi, kita sudah canangkan Gerakan Perlindungan Pekerja Rentan Serentak se-Sumsel juga menjelang momen Idul Fitri ini pun kita lakukan Gerakan Mudik Gratis Serentak.”

“Gerakan ini semua muaranya untuk mewujudkan masyarakat Sumsel yang sejahtera,” jelas Fatoni.

Sementara itu, pada bidang pendidikan pemprov Sumsel juga memiliki program sekolah gratis bagi siswa SMA/SMK. 

Oleh karena itu, Fatoni juga menyambut baik atas kolaborasi dan sinergitas yang hendak dilakukan oleh Foksuma.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pembina Foksuma Rudianto Widodo menyampaikan pihaknya ingin menjalin kolaborasi dan sinergitas dengan pemprov Sumsel dalam berbagai kegiatan.

“Kami ingin bersilaturahmi bersama pak Gubernur. Mengenalkan kepengurusan Foksuma yang baru untuk periode tahun 2024-2026.

Selain juga ingin sharing berbagai isu di bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan,” ujarnya.

Bahkan lebih jauh Rudianto berkeinginan agar Foksuma turut dilibatkan dalam kegiatan pemprov Sumsel.

Ini tak lain supaya program-program yang dilaksanakan pemprov Sumsel bisa lebih tersosialisasikan seluruh kalangan masyarakat.

“Supaya apa yang dilakukan pemprov Sumsel itu informasinya sampai ke masyarakat. Kami juga ingin berkontribusi dalam pembangunan Sumsel,” katanya.

Tampak mendampingi Pj Gubernur dalam audiensi itu para Kepala OPD pemprov Sumsel/mewakili.

Sementara itu, hadir rombongan dari Foksuma, di antaranya Dewan Pembina Foksuma Rudianto Widodo, Ketua Foksuma M Yoga Prasetyo, Koordinator BEM Nusantara Alif Zakaria Kafindo, Wakil Ketua Foksuma Riko Syailendra, Bendahara Umum Foksuma M Yunus, Polprama Foksuma Pasya Pratama dan perwakilan anggota Foksuma. (*)