Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Pengurus PWP Sumsel Kembangkan Potensi Daerah ke Perantauan

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni) mengajak pengurus Perkumpulan Wanita Palembang (PWP) Sumsel untuk terus mengembangkan potensi daerah ke perantauan. Hal ini diungkapkannya di Pendopo Demang, Kemang, Jakarta Selatan, Senin 18 maret 2024

“Kami bangga dan surprise meski tidak lagi di Sumsel tapi para ibu-ibu ini tetap memikirkan potensi yang ada di Sumsel untuk dikembangkan di daerah perantauan. Kita tahu Sumsel sangat potensial, banyak sekali potensi yang dapat di kembangkan,” ujarnya.

Fatoni menilai peran wanita sangatlah penting dalam menjadikan organisasi ini agar lebih kompak dan maju kedepannya. Selain itu, dia juga meminta untuk terus membantu mengembangkan berbagai potensi luar biasa di Sumsel.

“Sudah banyak ikon dari Sumsel seperti songket, jumputan, makanan khas serta lainnya yang berkembang di masyarakat, saya yakin organisasi ini mampu mendukung itu semua,” ungkapnya.

Tak hanya itu, keinginan besar Fatoni juga selain membangun dan menyatukan potensi di Sumsel juga menyejahterakan masyarakat dan membuat citra Sumsel lebih baik. Menurutnya, mengangkat citra daerah sangatlah penting terlebih melalui media sosial.

“Sumsel terkenal dengan zero konflik ini juga harus dipertahankan. Kita butuh kerja keras untuk mencapai semua itu,” kata Fatoni.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah meluncurkan berbagai Gerakan Serentak. Di antaranya, yaitu Gerakan Bedah Rumah Secara Serentak se-Sumatera Selatan (GBRSS), Gerakan Pembangunan Sanitasi Serentak se-Sumatera Selatan (GPSSS).

Gerakan Penanganan Stunting di-Sumatera Selatan (GPStSS), Gerakan Pengendalian Inflasi se-Sumatera Selatan (GPISS) dan Gerakan Pasar Murah se-Sumatera Selatan (GPMSS).

“Program gerakan serentak seperti ini yang kita lakukan agar lebih, efektif, terasa, efisien dan tepat sasaran, maka organisasi juga harus mendukung agar semua yang kita inginkan dapat terwujud,” jelas Fatoni.

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga pelantikan Ketua Umum (Ketum) dan Pengurus Pusat PWP Sumsel Masa Bakti Tahun 2024-2027. Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel sekaligus Pembina Utama PWP Sumsel Tyas Fatoni.

Sementara itu, Ketua Umum PWP Sumsel Anisja Djuita berterima kasih atas pelantikan yang dilakukan langsung oleh Pj Ketua TP PKK Tyas Fatoni dan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. Dia berkomitmen atas kepercayaan yang diberikan tersebut akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan amanah.

“Atas nama pribadi dan Ketum, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur, kami sangat bangga dan terharu Pak Gubernur bisa hadir,” kata Anisja.

“Keluarga besar Sumsel di perantauan itu begitu banyak. Meski di tanah rantau kami terus menjalin silaturahmi dan tetap mempertahankan kearifan lokal. Mereka selalu menyajikan kuliner khas Palembang dan membantu melestarikan kebudayaan Sumsel,” sambungnya.

Turut hadir Tokoh Masyarakat Sumsel, Anwar Fuadi, Sesepuh PWP-Sumsel Hj Delima Tatung, Penasehat PWP-Sumsel Hj Nani Djoko Ketawang, Ketua Bidang III TP PKK Provinsi Sumsel Desy Kasnayati dan Ketum Tenaga Pembangunan Sriwijaya Dr Sudirman. (*)