Tanamkan Kebiasaan dan Praktik Baik, Ratna Agustina Kepala SMPN2 Indralaya Gelar Baca Doa dan Yaasin Serta Makan Bersama Tiap Jumat

MAKAN BERSAMA USAI BACA YAASIN DAN DOA, merupakan praktik baik yang terus digulirkan oleh Kepala SMPN2 Indralaya, Ratna Agustina, SPd dan jajarannya. Tampak mereka berfoto bersama usai kegiatan tersebut.

SWARNANEWS.CO.ID, , INDRALAYA OGAN ILIR—Sesuai dengan substansi yang diamanahkan oleh Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) berbagai Praktik baik makin marak dilakukan olah para kepala sekolah dengan inovasi masing-masing. Langkah tersebut dimaksudkan untuk menginternalisasikan karakter baik pada peserta didik di masing-masing sekolah.

Inisiatif tersebut diwujudkan oleh Ratna Agustina, SPd Kepala SMPN2 Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan, mengawali bulan Maret 2024, mengadakan acara makan sehat bersama dengan para siswa di sekolah yang dipimpinnya di Desa Talang Aur, Indralaya, Jumat (1/3/2024).

Menurut Ratna yang didampingi Wakasek Kurikulum, Silasri, SSi dan Wakasek Kesiswaan Fitri, setelah kegiatan rutin pembacaan surat Yaasin Bersama mereka diajak makan Bersama dengan menu yang dibawa masing-masing.

Antusias para siswa begitu besar terbukti dengan semangatnya mereka semua membawa bekal sarapan dari rumah. Kemudian dengan penuh keceriaan dan kebersamaan siswa -siswi SMPN 2 Indralaya menyantap sarapan pagi mereka dengan penuh bahagia.

Diawali doa makan bersama yang dipimpin oleh Pembina OSIS Ali Sobri.S.Pd.I. Sebelum kegiatan tersebut berlangsung, Ibu Ratna Agustina menyampaikan pentingnya makanan sehat bagi pertumbuhan dan perkembangam siswa untuk kesehatan jasmani dan rohani. Wanita asal Provinsi Bengkulu yang sudah lama mengabdikan diri di bidang Pendidikan ini menyampaikan bahwa dalam makanan sehat tersebut harus cukup nilai gizinya ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dengan kata lain gizi seimbang. Di samping itu beliau juga menyampaikan ciri-ciri wadah (boks) makanan yang sesuai standar salah satunya ada gambar sendok dan garpu pada makanan tersebut.

Bukan hanya itu, dalam sambutannya Ratna menyampaikan bahwa kegiatan makan sehat bersama akan terus dilanjutkan pada hari-hari selanjutnya. Para siswa menyambut hal itu  dengan tepuk tangan bahagia. Mereka mulai sarapan bersama dengan penuh bahagia. Lembaga Pendidikan ini  sudah menerapkan para siswa untuk membawah wadah makanan,sendok dan gelas sendiri setiap hari. Selain terjamin kebersihannya juga mengurangi sampah plastik. Kegiatan tersebut disambut dengan gembira oleh para siswa. Buktinya mereka selalu dengan setia membawanya dalam setiap tas mereka.

 

Praktisi Pendidikan dan juga anggota Dewan Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI) Ogan Ilir, Sarono P Sasmito memberikan apresiasi Langkah yang dilakukan oleh Ratna Agustina dan seluruh pengelola sekolah tersebut. Praktik baik tersebut jelas akan memberikan berbagai dampak positif bukan hanya berkaitan dengan pertumbuhan jasmani yang optimal. Tapi juga memberikan Kesehatan Rohani dengan membaca Yaasin serta memupuk silaturahmi, solidaritas dan kekompakan seluruh siswa.

“Moga praktik baik tersebut akan terus berlangsung secara kontinyu dan makin diminati dan didukung oleh semua pihak sehingga efek positif makin terasa,” tambah pria yang juga Pemimpin Redaksi Swarnanews.co.id  ini.

Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OI, Hartawan juga mengapresiasi positif kegiatan itu dan mengharapkan terus berjalan ke depan.

Teks/Foto: Silasri, S.Si

Editor: Sarono P Sasmito, SPd