Ketua PWI Pusat Buka Pelatihan Jurnalistik Pra Uji Kompetensi Wartawan

 

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUKLINGGAU |  Hendry Ch Bangun, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat membuka pelatihan jurnalistik / pra ujian kompetensi wartawan melalui media zoom meeting (Selasa, 23 April 2024).

Kegiatan diikuti oleh peserta yang telah lulus verifikasi data dan dokumen calon peserta, memastikan dokumen dan syarat peserta terpenuhi sesuai Peraturan Dewan Pers Nomor 3/Peraturan-DP/XI/2023 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

Adapun rincian peserta yang mengikuti pra UKW terdiri atas 48 orang berasal dari PWI Sumatera Selatan, 25 orang dari PWI Kalimantan Timur dan 29 orang yang berasal dari PWI Kepulauan Riau.

Dr. H Firdaus Komar MSi., selaku direktur LUKW PWI yang juga merupakan salah satu narasumber mengatakan bahwa tujuan dari UKW sendiri adalah meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan; menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual; menjadi acuan evaluasi kinerja wartawan untuk memenuhi tuntutan zaman; memberikan nilai lebih kepada wartawan sehingga bisa berperan strategis dalam industri pers dan konvergensinya; menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan; dan memberikan bekal kepada wartawan terlibat aktif dalam upaya menegakkan kemerdekaan pers untuk kepentingan publik.

Beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya materi tentang Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers (UU

Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, Peraturan-peraturan

Dewan Pers) yang disampaikan Uyun Achadiat, selaku Ketua Komisi Kompetensi Wartawan PWI Pusat.

Kemudian materi Standar Kompetensi Wartawan; Bahasa Indonesia Jurnalistik; dan Perencanaan liputan, investigasi, editing, evaluasi, yang disampaikan oleh Dr. H Firdaus Komar MSi. Selanjutnya Teknik wawancara dan penulisan berita (straight news, feature, tajuk) yang disampaikan oleh Marah Sakti Siregar selaku Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat.*

 

Teks: Supriadi

Editor: Sarono PS