Pemkab Muba Terima LHP Tahun Anggaran 2023, Tindaklanjut LHP Muba di Atas Rata-Rata Nasional Capai 88,6 Persen

SWARNANEWS.CO.ID, MUBA – Pj Bupati Musi Banyuasin Sandi Fahlepi SP MSi bersama Ketua DPRD Muba Sugondo, Jumat (26/4/2024), menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

Terkait atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

“Hari ini kita serahkan LHP terkait atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (LKPD) Tahun 2023 dengan Opini Wajar dengan Pengecualian (WDP) ,” ungkap Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumsel Andri Yogama SE MM Ak CSPA.

Namun ia mengatakan, berdasarkan persentase LHP Tahun 2023 ini lebih baik dari tahun 2022. Dan dari segi penyelesaian tindak lanjut rekomendasi LHP BPK sampai dengan Desember 2023 sebesar 88,6 persen.

Tahun 2023 ini Kabupaten Muba, persentasenya di atas rata-rata nasional. “Yakni mencapai di atas 88,6 persen, ini hasil yang sangat baik dan positif,” ujarnya.

“Untuk rata-rata nasional 70 persen, sementara Muba mampu diatasnya,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi SP MSi mengatakan, Pemkab Muba beserta jajaran mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Sumsel yang telah menyerahkan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (LKPD) Tahun 2023.

“Kami berterima kasih kepada pihak BPK Sumsel, ke depan kami akan lebih memaksimalkan pengelolaan keuangan lebih baik lagi,” ungkap mantan Camat Buay Madang OKU Timur tersebut.

Ke depan, lanjutnya, Pemkab Muba akan fokus melakukan pembenahan dari beberapa sisi pengelolaan keuangan. “Dengan harapan kita akan meningkatkan capaian Opini WTP,” terangnya.

Ketua DPRD Muba, Sugondo mengucapkan terima kasih atas penyerahan LHP. “Semoga ke depan pengelolaan keuangan di Muba dapat terus transparan dan akuntabel,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Sandi Fahlepi turut didampingi Sekda Muba Apriyadi Mahmud, Inspektur Mirwan Susanto SE MM, Kepala BPKAD Zabidi SE MM.

Kepala Dinkominfo Herryandi Sinulingga AP, Kepala Dinas PUPR Alpa Elan SST MPSDA, Plt Kadin Perkim Muhammad Ridho, Sekretaris DPRD Marko Susanto SSTP MSi, dan Kabag Prokopim Agung Perdana SSTP MSi.