PJ Walikota Palembang Pantau Pembayaran Zakat Mal pejabat dan ASN di Rumah Dinasnya

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa, memantau langsung pembayaran zakat mal pejabat maupun ASN yang dilakukan serentak melalui Baznas di rumah rakyat, Jalan Tasik Palembang, Selasa, 2 April 2024.

“Penyerahan setor zakat dari seluruh pegawai ASN Pemkot merupakan zakat mal yang bersumber dari pendapatan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) dan Tunjangan Kinerja (Tukin) yang dibayarkan sebesar 2,5 persen,” kata Ratu Dewa.

PJ Walikota Palembang menjelaskan pengelolaan zakat mal ini haruslah transparan dalam mengelolanya. Sehingga pada saatnya nanti pemberiannya bisa tepat sasaran.

Melalui program Baznas yang diterapkan selama ini sudah banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh masyarakat kecil.

“Seperti kita ketahui program bedah rumah, Palembang cerdas, Palembang sehat, dan lainnya sudah berjalan dengan baik sehingga dalam hal ini juga Palembang mendapatkan penghargaan dari Badan Pengelolaan Keuangan BPK RI atas transparansi keuangan dari pengelolaan keuangan Baznas,” jelasnya.

Selain itu, berbagai program dan kegiatan dilakukan oleh Baznas terutama sebagai mitra pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan serta penghapusan kemiskinan ekstrem.

Berdasarkan data dari BPS, setiap tahun jumlah penduduk miskin di Indonesia terus menurun.
Hal ini juga berbanding lurus dengan menurunnya tingkat kemiskinan serta naiknya pertumbuhan ekonomi di Kota Palembang.

Adapun tingkat kemiskinan di Palembang dari 10,48 persen di tahun 2022 menjadi 10,22 persen di tahun 2023. Lalu, pertumbuhan ekonomi di angka yakni 5,25 persen.

“Tentu keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras kita bersama baik dari Pemkot Palembang maupun dari Instansi lainnya,” katanya
Sejak tahun 2016 hingga saat ini, Baznas Kota Palembang secara rutin membantu pemerintah dalam memberikan rumah layak huni kepada masyarakat Kota Palembang.

Di mana sampai saat ini telah tercatat 78 rumah yang telah dibangun maupun diperbaiki.

Ketua Baznas Kota Palembang, Ridwan Nawawi, menambahkan, jika zakat mal ini bersumber dari seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) serta Dirut dari seluruh BUMD Kota Palembang.

Bersumber dari TPP atau Tukin yang setiap bulan didapatkan kemudian selama 1 tahun.

“Kami ambil dari keseluruhannya 2,5 persen untuk dikeluarkan dan setor ke Baznas. Total keseluruhan sekitar 4 ribu ASN saat ini baru 30 persen yang melakukan pembayaran zakat mal tapi masih ada waktu sebelum Lebaran nanti. ”

“Target kami di bulan ramadan zakat mal terkumpul Rp 1 miliar, namun ada arahan terbaru dari Pak Ratu Dewa naik menjadi Rp 1,3 miliar,” katanya. ***