Pj Gubernur Agus Fatoni Jadi Pemateri, Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kapasitas SDM di Lingkup Pemkab Sumedang

SWARNANEWS.CO.ID, SUMEDANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni yang juga selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menjadi pemateri dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas atau Reform Corner di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di Giri Gahana Golf dan Resort, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Fatoni mengatakan, dirinya telah banyak mendapatkan berbagai informasi terkait dengan Kabupaten Sumedang yang memiliki banyak inovasi serta terobosan-terobosan.

Untuk itu, melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas atau Reform Corner di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2024 ini akan mampu membawa daerah tersebut lebih jauh melompat, hebat dan menjadi contoh bagi daerah lain.

“Marilah kita terus mencari inspirasi dan menjadi inspirator agar daerah kita lebih jauh melompat, hebat dan menjadi contoh bagi daerah lain,” ucapnya.

Selain itu, Fatoni juga memberikan berbagai tips menjadi orang yang sukses.

Salah satunya dengan memanfaatkan waktu serta memilih menjalankan tugas berdasarkan skala prioritas.

“Tak hanya itu, harus terus meningkatkan kapasitas, inovasi, kreatifitas serta motivasi selalu tingkatkan,” kata Fatoni. 

Menurutnya, kegiatan kali ini sangatlah bermanfaat dalam memberikan wawasan, informasi serta meningkatkan kapasitas bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga lebih menguasai dalam melaksanakan tugas.

“Melalui kegiatan seperti ini, akan lebih paham dalam melaksanakan tugas, semakin mengetahui dan semakin paham terkait dengan peraturan, regulasi, informasi dan pengetahuan lainnya,” ujar Fatoni.⁶_
Sementara itu, terkait keuangan daerah, Fatoni meminta jajaran Pemkab Sumedang agar memahami pengelolaan keuangan daerah agar bisa bertanggung jawab termasuk dalam bidang administrasi administrasinya.  

“Dalam memimpin kita harus detail. Maka pahamilah pengelolaan keuangan, dengan begitu kita juga bisa memahami penggunaannya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengapresiasi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang telah bersedia memberikan materi sangat luar biasa dalam  manajemen perubahan dalam reformasi birokrasi.

“Kita ucapkan terima kasih atas kehadiran motivator Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni untuk memberikan pencerahan dan pengalaman sehingga Pemkab Sumedang birokratnya semakin kuat,” pungkasnya. (*)