Hardiknas di Pemprov Sumsel, Sekda Bahas mengenai Program Merdeka Belajar

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 digelar di Halaman kantor Gubernur Sumsel, dihadiri oleh Sekda Provinsi Sumsel Ir. SA Supriono, Pejabat ASN, guru, dan siswa SMA se Kota Palembang. Kamis (2/5/2024).

Sekda Sumsel sebagai Inspektur Upacara membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Dalam pidatonya, Ir SA Supriono mengakui bahwa lima tahun terakhir merupakan perjalanan mengesankan dalam gerakan Merdeka Belajar, yang penuh tantangan untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Menurutnya, membuat perubahan besar dalam sistem pendidikan dan mengubah perspektif tentang pembelajaran bukanlah tugas yang mudah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M., M.Pd., melalui PLH Drs H Sutoko MSi, menyatakan bahwa Hari Pendidikan Nasional 2024 adalah momen penting bagi dunia pendidikan, khususnya SMA, SMK, dan SLB di Sumsel, untuk menjalankan konsep Merdeka Belajar dengan sebaik-baiknya.

Ia menekankan pentingnya semua pihak melakukan introspeksi diri dalam upaya bersama meningkatkan mutu pendidikan.

Sutoko juga menggarisbawahi langkah-langkah yang telah pihaknya ambil untuk meningkatkan kualitas guru, termasuk pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme mereka.

Sutoko berharap agar semangat Merdeka Belajar tetap terjaga dan terlaksana secara berkelanjutan di masa depan.

Pada kesempatan ini, Kepala MKKS SMA Negeri Kota Palembang, Rozali SPd MPd, menyampaikan harapannya agar program kurikulum Merdeka Belajar dapat berjalan lancar di sekolah-sekolah.

Ia juga menyoroti pentingnya peran MKKS dalam meningkatkan kesejahteraan guru yang ekonominya kurang, dengan koordinasi bersama pihak terkait.

Sekda Sumsel juga menyerahkan penghargaan kepada penerima penghargaan dalam upacara tersebut, termasuk pegawai purnabakti, kepala sekolah berprestasi tingkat nasional, guru berprestasi tingkat internasional, dan siswa-siswi berprestasi tingkat nasional. (*)