Kamu Kira Warna Jagung itu Kuning Semua? Kali ini Berbeda

SWARNANEWS.CO.ID-Meskipun memiliki rasa sangat enak. Namun masih banyak belum tahu kekhasan jagung unik disebut dengan Jagung Pulut atau biasa di kenal masyarakat desa Sumbusari dengan sebutan Jagung Ketan.

Keunikan jagung ini terletak pada tekstur yang lengket serta rasa yang pulen seperti ketan.

Di pasar Sumbusari dapat menemukan Jagung Ketan dengan mudah karena masyarakat Desa Sumbusari sangat menyukai jagung ini.

Selain tekstur dan rasanya yang unik ternyata jagung ini memiliki beberapa khasiat yang di kutip dari dokter Fery.

Seperti, menjadi sumber energi yang stabil, menjaga kadar gula darah, dan jagung ini juga memiliki sumber karbohidrat seperti 100 gram jagung pulut mengandung 142 kalori dengan 29 gram karbohidrat, 1 gram lemak, dan 3 gram protein.

Pantauan penulis di lapangan pada (11/5/2024 ) di Desa Sumbusari, Kec. Mesuji Raya. Kab.OKI, jagung ini sangat laku di pasaran Desa Sumbusari, dan mudah untuk di dapatkan.

Bahkan menurut salah satu penjual Firly. “Jagung ini bisa laku sehari sebanyak 10 kg, “ungkapnya.

Jagung ini juga sering dijadikan pengganti karbohidrat untuk penderita diabetes dan dijadikan nasi untuk orang orang diet.

Seperti yang dikatakan Yuli sebagai pembeli jagung ketan ini. “Jagung ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, jadi aman sangat untuk kesehatan,”jelasnya.(*/riz)