Pemdes Meranti Gelar Pelatihan MPASI Ibu dan Balita

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN – Salah satu upaya Pemerintah Desa untuk mencegah dan pencegahan terjadinya stunting di usia balita Pemerintah Desa(Pemdes) Meranti melakukan penyuluhan dan pelatihan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk ibu-ibu yang mempunyai Bayi dan balita.

Kegiatan penyuluhan MPASI di gelar dikantor desa Meranti di Kecamatan Suak Tapah di Kabupaten Banyuasin, pada, Rabu (15/5/2024)

Pelatihan kali ini dihadiri sebanyak 20 orang peserta bagi ibu-ibu yang memiliki balita dan bayi di Desa Meranti

Narasumber yang dihadirkan dari Puskesmas Suak Tapah, Ibu Badria AMG dan Ibu Rizki Nabila Remayani, Amd GZ.

Dalam penyuluhan itu Badaria AMG selaku narasumber menyampaikan bahwa MPASI diberikan untuk usia anak 6 bulan keatas dengan memberikan MPASI tersebut, dapat mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung proses tumbuh kembang dan pertumbuhan perkembangan bayi dan balita

Syarat MPASI yang baik pertama, tepat waktu artinya diberikan sesuai dengan usia kebutuhan dan nutrisi dan ketrampilan makan anak.

MPASI harus mengandung makro dan mikro nutrien yang dibutuhkan anak.

Aman dan higienis artinya dalam proses pembuatan MPASI. Penyajian dan penyimpanan harus aman dan bersih, dan yang

Responsive feeding artinya proses pemberian makan harus sesuai dengan aturan makan dan rasa lapar kenyang anak.

Ketua TP PKK Desa Meranti Miza Umami, Am. kep menyampaikan dalam kegiatan penyuluhan atau pelatihan kepada ibu-ibu yang mempunyai anak balita ini diberikan pemahaman tentang pemberian makanan tambahan atau makanan MPASI.

” Ya, tujuan dari pada pelatihan juga penyuluhan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang ibu-ibu dalam pemberian berupa makanan tambahan pendamping ASI.”

“Dalam hal ini ibu-ibu bisa diterapkan dalam pemberian MPASI balitanya itu, setelah mendapatkan pengetahuan dari penyuluhan dari narasumber, ” ujar Miza Umami

Sementara Kades Paidun S.Pd, mengatakan kegiatan yang dilakukan ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan anak.

“Pemerintah Desa Meranti melaksanakan pelatihan MPASI dalam upaya pencegahan stunting,” ujar Paidun

”Kegiatan pelatihan ini berkaitan dengan kegiatan Posyandu dan upaya Pemerintah Desa untuk mencegah stunting di Desa Meranti,” pungkasnya. (*)