26 Orang KPM Air Senggeris Banyuasin Terima BLT Tahap Pertama!

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Sebanyak 26 orang KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Desa Air Senggeris menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa disalurkan di kantor Desa Air Senggeris Kecamtan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Penyaluran BLT bulan Januari dan Februari, dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan bersumber dari Dana Desa Tahun 2021. Hal ini sudah diaplikasikan dalam perencanaan Desa Alasangker baik RPJMDesa, RKPDesa dan APBDesa Tahun 2021.

Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 31 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan bersumber dari Dana Desa Tahun 2021, dimana hal ini sudah diapliksikan dalam perencanaan Desa Air Senggeris baik RPJMDesa, RKPDesa dan APBDesa tahun 2021.

Pj. Kades Air Senggeris Herman Edi, SH saat dikonfirmasi, Kamis (19/5/2021), menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pendataan tim relawan dan ditetapkan dalam musyawarah desa khusus (Musdesus) penerima BLT DD yang layak ditetapkan sebanyak 26 KPM yang masuk katagori pakir miskin, janda, duda dan lansia.

Selain itu, lanjut dia, meskipun saat ini di bulan Mei, akan tetapi BLT DD yang di salurkan hanya terhitung di bulan Januari dan Pebruari. Sebab, sesuai dengan mekanisme yang berlaku penyaluran harus diberikan dua bulan alias tidak boleh di rapel.

“Tahap pertama atau untuk bulan Januari dan Pebruari sudah kita salurkan, karena penyaluran tidak boleh di rapel penyaluran akan kita percepat, setelah selesainya penyaluran ini, pelaporan administrasi akan segera kita sampaikan untuk proses penyaluran tahap ke kedua, mudah-mudahan secepatnya bisa kita realisasikan,” ujar Herman Edi.

Pj. Kades Herman Edi juga meminta kepada warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang telah di tetapkan pemerintah.

“Pergunakanlah dengan baik, apalagi semua kebutuhan pokok mulai merangkak naik, belilah sesuai dengan kebutuhan yang sangat penting dan tetaplah mematuhi Protokol sehingga kita semua bisa terhindar dari penyebaran Covid-19,”ucapnya

Terpisah Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si mengapresiasi masyarakat penerima KPM yang hadir ke lokasi telah mengikuti Protokol Kesehatan yang telah diatur oleh panitia Desa. Beliau juga menyampaikan pada tahun ini masing – masing KPM akan menerima Rp.300 ribu per bulannya.

“Masyarakat penerima BLT DD sudah melalui tahapan mekanisme serta berdasarkan hasil Musyawarah Desa Khusus yang telah dilaksanakan oleh BPD sebelumnya, dimana masyarakat yang sangat terdampak pandemi covid19 ini, diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok keluarganya dan dimanfaatkan dengan baik,” kata Camat. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait