Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Menuju Pertanian Organik di Yon Armed 15 Martapura Sukses

*Ratusan Perwira, Bintara dan Tamtama Antusias Manfaatkan Limbah

Swarnanews.co.id Martapura OKUT
Ratusan perwira, bintara dan tamtana di lingkungan Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 15 Martapura Kabupaten OKU Timur (OKUT) antusias mengikuti pelatihan pemanfaatan limbah menuju pertanian organik di aula Yon Armed 15 Martapura OKUT, Rabu (10/3/2021)
Kegiatan menghadirkan narasumber Ir. Syamsul Alwi (dosen Fak. Pertanian Unsri) di dampingi oleh Sarono PS alumni FKIP Biologi Unsri yang juga pemimpin redaksi Swarnanews.
Acara dimulai dengan pembukaan oleh Danyon Armed 15 Letkol Arm Anggeng Prasetyo S diwakili oleh Kpt Arm Budi Utomo. Mewakili Danyon Budi Utomo menyatakan menyambut baik dan antusias terhadap kegiatan tersebut. Dia mengharapkan para anggota TNI di Yon Armed dapat menyimak materi yang diberikan nara sumber dengan sebaik baiknya untuk diimplementasikan kemudian.
Sesuai dengan yang diharapkan Danyon, melalui kegiatan tersebut diharapkan Yon Armed 15 dapat menjadi pionir dalam penerapan pertanian organik, ujar Budi.
Usai sambutan dilanjutkan dengan paparan dan uraian oleh Ir. Syamsul Alwi tentang pemanfaatan limbah organik diolah menjadi kompos yang bermutu untuk penyuburan tanaman.
Pada kesempatan itu Syamsul juga menguraikan teknik pembuatan kompos dengan bahan serbuk kayu dari limbah PT SPF. Pabrik olahan kayu yang ada di Ogan Ilir yang diolah dengan memanfaatkan mikroorganisme untuk menjadi kompos yang bermanfaat menyuburkan tanaman dan melawan jamur.
Usai paparan itu kegiatan yang dikoordinatori Pasi Intel Lettu Arm Ari Dira ini juga memberikan kesempatan kepada Sarono P Sasmito untuk menguraikan tentang manfaatkan dan prospek pertanian organik ke depan. Produk pertanian organik lebih sehat dan bernilai ekonomi tinggi, ujar Sarono.
Usai paparan itu dilanjutkan dengan praktik lapangan di luar aula yang dipandu Syamsul Alwi didampingi Sarono PS.
Letda Arwansyah, Sertu Widodo Pamungkas dan Sersan Mustamir serta Serda Iqbal Lubis menanggapi dengan menanyakan teknis pembuatan starter kompos, komposisinya hingga bahan pengganti saat tak ada limbah serbuk kayu. Semua pertanyaan dijelaskan secara mendetail oleh Syamsul. Peserta antusias mempraktikkan pembuatan kompos.
Usai itu saat diterima di ruangan Danyon, Letkol Arm Anggeng, mengapresiasi sangat positif kegiatan tersebut. Pihaknya dalam waktu dekat akan merealisasikannya pada budi daya jagung serta tanaman pangan lainnya.
“Inshaallah lahan kita siap dan pola tanam organik akan kita wujudkan, ” ujar perwira menengah TNI ini ramah.
Untuk tindaklanjut itu tim dari Syamsul Alwi akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan agar budi daya berlangsung sukses.
Foto: Dok Yon Armed 15 Martapura
Teks/Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait