Akbar Tanjung: Peran Kader HMI Sonsong Masa Depan Indonesia

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) didirikan Prof Lafran Pane pada 5 Februari 1947 di Universitas Islam Indonesia, Jogja dengan tujuan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari agama penjajah yang ingin kembali menjajah dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Simbol Kader senior HMI, Akbar Tanjung mengatakan, referensi mantan Ketua Umum PB HMI Prof Nur Cholish Madjid menyatakan ke Indonesiaan ke Islaman dan Pancasila bagi HMI integral, ibarat satu mata duit, HMI dengan Islam yang rahmatan lil alamin, toleransi, plurali, berkemajuan, moderat, saling kenal, kerjasama.

“Kemudian untuk mengisi Kemerdekaan RI, tujuan HMI menjadi terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil, makmur yang diridhoi Swt,” ungkapnya.

HMI menjadi besar melahirkan KAHMI (Korps Alumni HMI) yang lahir di Solo bertujuan melanjutkan perjuangan HMI.

Andil HMI mengantarkannya hingga sukses setelah jadi Ketua Umum PB HMI dan kawan-kawan mendirikan Kelompok Cipayung (HMI, GMNI, GMKI, PMKRI, PMII), lalu KNPI.

Setelah jadi Kader Golkar Akbar dicalonkan jadi Menpora, Men Pemukiman, Mensekneg, DPR, hingga memimpin Golkar tahun 1998.

Bang Akbar berharap Kader HMI bisa berperan di Birokrasi, Parpol, Ormas.

“Namun khususnya bagi anggota HMI yang minat ke Golkar bisa di fasilitasi,” ungkapnya.

Ia berharap pada 48 peserta Latihan Kader HMI yang diselenggarakan Kordinator Komisariat HMI Universitas Indonesia, untuk berperan di Birokrasi, Parpol, Ormas.

Pembukaan LK 2 tingkat Nasional ini di Nusantara V MPR RI pada 20 Desember 2019 dilanjutkan Seminar dengan Moderator Panitia Wendy A bersama Panelis Ngakan Timur (Mewakili Menteri Perekonomian RI) berjudul “Membentuk karakter pemuda yang mampu bersaing di era Industri 4.0 ‘

Hadir antara lain Imadudin H Ketua HMI UI, Purwanto Ketua HMI Badan Jabodetabek Banten, Hendra, Bagas Kurniawan Ketua HMI Cabang Depok.

Tempat Pelatihan sampai 30 Desember 2019 di Graha Insan Cita, Depok, yang dipresentasikan antara lain oleh Fahru Razi DPD RI asal NAD bahas Strategi dan Taktik.

Kontributor : Mahdi
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait