Antisipasi Merabaknya Covid-19, Jalur Pendakian Gunung Dempo Ditutup Sementara

SWARNANEWS.CO.ID,PAGARALAM – Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade) Kota Pagaralam pada tanggal 20 September sudah memberlakukakan tertib administrasi terhadap pendakian kepuncak Gunung Api Dempo. Namun, terhitung hari ini jalur pendakian ditutup total hingga tanggal 3 Januari 2021 mendatang.

Ketua Posko Brigade Kota Pagaralam, Arindi mengatakan bahwa penutupan jalur pendakian menindaklanjuti imbauan Polres Kota Pagaralam Nomor : B/469/XII/IPP.1.2.5/2020 tanggal 28 Desember tentang larangan keramaian pada malan pergantian tahun 2020/2021.

“Jadi mulai pukul 14.00 WIB (2 siang) hari ini jalur pendakian ditutup sementara,”tutur Arindi, Selasa (29/12/20).

Akan tetapi, lanjut Arindi, meskipun jalur pendakian ditutup namun pengunjung diperkenankan untuk melakukan camping di kawasan kampung IV dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan, salah-satunya tidak diperkenankan untuk terlalu banyak atau menggelar acara yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak degan menggelar acara seperti pesta kembang api dan semacamnya.

“Dan petugas posko Brigade pun tetap akan menggelar patroli untuk mengawasi bila sewaktu-waktu ada pendaki yang memaksakan diri untuk naik,”jelasnya.

Ditanya soal adanya pendaki yang sudah terlanjur muncak di GAD saat ini, Arindi menjelaskan sudah diberitahukan untuk turun.

“Namun untuk pendaki yang melakukan pendakian melewati jalur lain itu bukan tugas dan tanggung jawab Brigade untuk melarang pendakian,”pungkasnya.

Sementara Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara mengatakan, imbauan ini dikeluarkan lantaran sulitnya melakukan pengawasan dan penerapan Prokes covid-19 sehingga rentan penyebaran covid-19.

“Karena tak sedikit pula pendaki GAD berasal dari luar Pagaralam sehingga tidak diketahui virus tersebut datangnya dari siapa dan menulari siapa,” pungkasnya.

Teks : Reri Alfian
Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait