Asesmen Nasional Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Jenjang SMP di Kabupaten Lahat

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Asesmen Nasioanl yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan,  Ristek dan Tekhnologi melalui Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan menyelenggarakan Asesmen Nasional Tahun 2021 pada jenjang Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Lahat yang dilaksanakan pada 4 hingga 7 Oktober tahun 2021.

Diketahui bahwa Asesmen Nasional ini adalah program penilaian terhadap mutu setiap satuan pendidikan, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Drs.H. Suhirdin, MM melalui Kasi Kurikulum SMP Jasjuli,S.Pd menyampaikan bahwa Asesmen Nasional ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas kegiatan belajar mengajar (KBM) yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

“Pada tahun ini, ada 75 SMP yang diasesmen,  sedangkan siswa yang menjadi peserta diambil atau ditarik dari dapodik dengan cara diacak yakni sebanyak 2831 siswa,” jelasnya.

Untuk pendamping Asesmen Nasional ini, jasjuli menyampaikan bahwa pendamping dari kegiatan atau penyelenggaraan Asesmen Nasional yang dilaksanakan oleh Kementrian ini ialah tim dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi, LPMP Sumsel dan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lahat sendiri.

Disampaikannya juga, proses asesmen ini berjalan dengan lancar, namun kendala dilapangan masih ada beberapa sekolah yang mendapat gangguan pada kegiatan Asesmen Nasional dikarenakan gejala alam, sehingga agak menghambat proses disekolah.

“Pada pelaksanaan Asesmen Nasional ini, ada dua moda pelaksanaan yang dilakukan yakni Moda Pelaksanaan secara Semi Online dan Moda Pelaksanaan secara Online,” tambahnya.

Jasjuli menyampaikan moda pelaksanaan Asesmen Nasional secara Online sering mengalami gangguan dikarenakan jaringan yang susah dijangkau. “Namun semua itu tidak menjadikan penghalang sekolah tersebut untuk melaksanakan Asesmen Nasional (AN) 2021 jenjang SMP, semoga Sekolah di Kabupaten Lahat ini semakin Bercahaya,” pungkasnya.

Teks: Jumra
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait