Babinsa Musi Rawas bantu petani panen padi

SWARNANEWS.CO.ID, MUSI RAWAS |Bintara Pembina Desa Koramil Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan membantu petani setempat panen padi dalam menyukseskan ketahanan pangan yang kini menjadi program pemerintah.

Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Rabu mengatakan, jajarannya beberapa waktu lalu telah membantu masyarakat dalam panen padi.

Panen padi itu untuk menyukseskan swasembada pangan sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah pusat, kata dia.

Jadi untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target maka Babinsa selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program ketahanan pangan dapat tercapai, ujar dia.

Selain itu juga pendampingan pada petani itu supaya produksi padi meningkat karena pihaknya juga melakukan penyuluhan, kata dia.

Panen padi itu dilaksanakan di dua desa di Kabupaten Musi Rawas yakni membantu kelompok tani Dewi Sinto 1 di Desa Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo dan kelompok tani Kali Putih di Desa Air Satan Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musirawas, kata dia.

Sementara Danramel 406-06/Tugumulyo Kapten Czi Ayub mengatakan, pihaknya memerintahkan anggota Babinsa untuk mendampingi kelompok tani Dewi Sinto 1 di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tugumulyo dengan luas lahan 2,5 hektare.

Begitu juga di desa Air Satan pihak Babinsa melakukan pendampingan pada kelompok tani pada areal panen seluas 1,5 ha, kata dia.

Dia mengatakan, turunnya Babinsa ke sawah itu diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen padinya.

Apalagi dalam menyukseskan program swasembada pangan oleh Pemerintah maka TNI Angkatan Darat memerintahkan para Babinsa supaya berjalan sukses, kata dia.

Yang jelas, lanjut dia, pihaknya selalu terjun ke – lapangan dan berko0rdinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas terutama untuk mendukung program swasembada pangan.

Sementara Ketua kelompok tani Dewi Sinto 1 Margino mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Babinsa yang mendampingi secara penuh sejak penanaman hingga masa panen.

Apalagi Babinsa selalu memberikan bimbingan dan pendampingan secara teknis sehingga panen mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Sementara ketua kelompok tani Kali Putih, Mamin mengatakan, setelah adanya pendampingan dari Babinsa dalam kegiatan upaya khusus petani maka kelompoknya semakin bersemangat untuk menanam padi sehingga hasil meningkat dibanding sebelumnya.

Panen mengalami peningkatan karena sebelumnya hanya delapan ton per ha dan sekarang meningkat menjadi 8,6 ton per ha, tambah dia.
Editor: Sarono PS

Sumber:Antara

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait