Bayi Kembar Siam Satu Jantung Lahir Hari Ini

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Rumah Sakit dr Moh Husin Palembang, Jumat (14/1/2022) kembali melahirkan bayi kembar siam. Kali ini bayi tersebut lahir dengan satu tubuh, dan satu jantung, serta dua kepala. Saat lahir bayi dan ibu dalam keadaan sehat, namun kini bayi kembar siam sedang diobservasi di ruangan NICU.

Humas RSUP Mohammad Hoesin Palembang Akhmad Suhaimi saat dikonfirmasi, Jumat (14/1/2022) menyebut, bayi tersebut merupakan anak dari pasangan  AK (25) dan ER (26).

dr Abraham Martadiansyah SpOG (K), dokter yang melakukan operasi sesar terhadap AK mengungkapkan, bahwa bayi yang lahir tersebut hanya memiliki satu tubuh, dua kepala dengan satu jantung.

“Organ lainnya yakni ginjal dan hati ada dua, namun untuk jantungnya hanya satu. Sedangkan yang lain-lain ada dua, seperti ginjal,” katanya saat diwawancarai wartawan.

Dikatakan Abraham bahwa tidak mungkin dilakukan pemisahan terhadap bayi tersebut karena hanya memiliki satu jantung.

“Bayi tersebut akan diobservasi untuk dilihat perkembangannya, untuk kondisi ibu bayi tersebut stabil,” ungkapnya.

“Akan kita lihat apakah satu jantung tersebut bisa memenuhi oksigen untuk anak atau tidak, kalau untuk dipisahkan dengan satu jantung tidak dimungkinkan,” tutupnya. 

Sebelumnya, dokter Abraham menjelaskan, pihaknya sudah mengetahui kalau bayi tersebut kembar siam. “Sudah kami lihat sebelumnya kalau bayinya kembar siam. Makanya setelah cukup usa untuk dilahirkan, maka kita persiapkan kelahiran cesar. Tetapi pembedahan tidak dilakukan melintang tetapi memanjang agar bayinya lebih mudah keluar,” sebutnya. (*)

Teks/editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait