Baznas Khitan 132 Anak Kurang Mampu

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Guna meningkatkan pelayanan masyarakat Palembang menuju Palembang Emas Darussalam tahun 2023. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang menggelar khitanan massal, berpusat di Gedung Kecamatan Alang-alang lebar, Selasa (17/12/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Drs Ratu Dewa menyambut baik program dari Baznas Kota Palembang, dimana program ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu atau berpenghasilan rendah.

“Pemkot sangat menyambut baik dan apresiasi terhadap program Baznas yang menyentuh langsung ke masyarakat. Disamping program-program kegiatan baznas Kota Palembang lainnya,” katanya usai membuka acara khitanan massal.

” Saya juga meminta Baznas Kota Palembang agar program ini terus dilanjutkan, bukan hanya ini saja namun program-program lainnya juga sangat mengapresiasi ,” tambah Sekda.

Terkait 19 OPD yang belum menyalurkan zakat di Baznas Kota Palembang, Dewa menjelaskan tidak lagi untuk tataran menghimbau tapi suatu keharusan.

“Ini sudah dicek list yang menjadi keharusan, maka dua hari kedepan akan di cek list kembali untuk keseluruhan menyalurkan zakat,” tekan Sekda kepada OPD Pemkot Palembang.

Ketua Baznas Kota Palembang, Saim Marhadan menyampaikan, untuk khitanan massal hanya merekrut 100 orang. Namun banyak peminat masyarakat sehingga ditambah dengan total keseluruhan menjadi 132 orang.

“Kita tidak membatasi, berapapun ditampung karena ini sesuai minat masyarakat. Artinya, mereka menginginkan anaknya untuk di khitan terutama kebanyakan wilayah Alang-alang lebar dan Gandus,” katanya.

Khitanan massal termasuk dalam program Palembang taqwa, karena sesuai dengan syariat Islam. Selain itu banyak program-program lainnya seperti Palembang peduli( bedah rumah), Palembang makmur ( memberikan modal usaha bagi tak mampu), Palembang sehat (BPJS), termasuk program Palembang cerdas (pendidikan).

Sementara itu, Camat Alang-alang lebar, Sariyansyah Ismail STTP. Msi menambahkan, dirinya sangat bersyukur diadakan program dari Baznas Palembang di Kecamatan Alang-alang lebar yakni sunatan massal.

Dimana, tahun 2017 lalu Baznas juga telah melakukan program bedah rumah untuk warganya. Diharapkan tahun-tahun berikutnya bisa dibantu kembali masyarakat melalui program sosial.

” Alhamdulillah, respon masyarakat sangat cepat sekali baru dibuka pendaftaran selama tiga hari sudah full. Padahal program seperti ini banyak dari instansi swasta,” katanya

Diketahui, Baznas sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab kepada Presiden RI melalui kementerian agama. Zakat diambil dari gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait