Bentuk Tim Pemakaman Covid-19, Pangdam II/Swj Sarankan Gubernur Sumsel

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menyarankan agar pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membentuk Tim Khusus untuk pemakaman pasien positif Covid-19 yang meninggal akibat terpapar Virus Corona.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, dalam Diskusi Virtual bersama Forkopimda Sumsel dan Organisasi Jurnalis se-Sumsel, bertemakan, ”Solusi Peliputan Media Massa Sumsel Selama Pandemi Covid-19″, Rabu (1/4/2020) kemarin di ruang rapat Puskodal Makodam II/Sriwijaya Palembang.

Pangdam menyampaikan, atas kejadian satu pasien positif di Lampung yang meninggal akibat virus corona. Sehingga dari laporan yang diterima, jenazah tersebut sempat terlantar karena tidak ada yang mau memakamkannya.

“Di sana (Lampung) ada yang meninggal, tidak ada yang mau memakamkan, akhirnya Babinsa turun, padahal kita terkendala APD,” ucapnya, Kamis (2/4/2020).

Selain itu, kata Pangdam perlu ada langkah-langkah antisipasi agar hal tersebut tidak terulang dan tidak terjadi di Sumsel, sehingga jenazah pasien positif yang terjangkit virus corona bisa langsung diatasi sesuai standar WHO.

“Gugus tugasnya yang seperti ini harus ada. Siapa yang memakamkan, dimana pemakamannya harus ada. Kalau belum ada, mungkin kita bentuk. Begitu juga di Kabupaten/Kota di Sumsel menyiapkan pemakaman bagi yang positif dan meninggal,” terangnya.

Menyikapi hal tersebut , Gubernur Sumsel H. Herman Deru akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 untuk segera membuat Tim Khusus penanganan jenazah pasien Covid-19.

Bahkan, jika pasien yang meninggal dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) diberlakukan layaknya yang telah dinyatakan positif, meskipun hasil dari Laboratorium belum keluar.

“Kita akan segera buat surat Gugus Tugas Kabupaten/Kota, untuk penyelenggaraan jenazah bagi positif Covid-19. Karena protap yang dilakukan terhadap penanganan jenazah Covid-19 sangat ketat dilakukan,” paparnya.

Untuk diketahui bahwa, acara Diskusi Online melalui Aplikasi Zoom tersebut, digagas oleh para Jurnalis di Sumsel, bersama para Jurnalis ini menghadirkan, Pangdam II/Swj, Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Kajati Sumsel, Ketua DPRD Sumsel dan Gugus Tugas.

Teks : Iwan
Editor : Sarono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *