Berawal Dari Hobi Tanaman Hias, Membawa Berkah Bagi IRT di Pagaralam

SWARNANEWS.CO.ID, PAGARALAM – Dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini, tanaman hias seperti tanaman janda bolong, keladi, kuping gajah, aglonema dan lainnya menjadi hobi baru di kalangan masyarakat, terutama pada ibu rumah tangga.

Sebagian besar tanaman-tanaman hias tersebut merupakan tumbuhan talas-talasan yang termasuk dalam keluarga Araceae.
Tumbuhan talas-talasan ini menjadi mudah dikenali dengan bentuk daun dan coraknya yang beraneka ragam, serta memiliki bunga tongkol yang seledangnya berwarna-warni.

Aktivitas jual beli bunga hias di masa pandemi, meningkat baik di kalangan masyarakat Kota Pagaralam maupun luar Kota. Untuk menghabiskan waktu dirumah dimasa Pandemic Covid-19 ini, terutama pada kalangan ibu-ibu.

Owner Serimbun Daun, Grevina Vionora Anggraini, ibu rumah tangga warga Padang Harapan gang Panorama, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam menjual bunga hias miliknya, memberi dampak positif bagi perekonomian keluarganya di masa pandemi Covid-19.

Nora mengatakan, memilih profesi sebagai pedagang bunga, karena bermula dari hobi menjadi pekerjaan santai namun, memberi keuntungan yang lumayan ditengah kesulitan menambah penghasilan diakibatkan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah.

“Jualan bunga ini santai dan tidak menyita banyak waktu. Jadi bisa sambil jaga anak, sambil urus bunga,” ujar Nora saat dijumpai di rumahnya, Selasa (29/12/2020.)

Nora menjelasakan, Bunga yang ia jual merupakan hasil peliharaannya sendiri. Selain menjual bunga peliharannya sendiri, ia juga juga membeli tanaman hias tersebut dari warga lain hingga sampai ke luar daerah.

Harga tanaman, lanjut Nora, hias yang di jual, bervariatif sesuai jenis bunga. Saat ini bunga hias yang dijual sudah ratusan jenis, dan yang paling banyak diminati yaitu bunga jenis Aglo dan Keladi.

“Saat ini tanaman bunga hias yang banyak dicari oleh pelanggan yaitu  jenis Aglo dan Keladi, omset yang diperoleh sebulan mencapai 20 juta rupiah dengan penjualan di pasar sentral Pagaralam bahkan sampai luar daerah,” tukasnya.

Teks : Reri Alfian
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait