Bupati OKI Ingatkan Kades Dalam Penggunaan DD

Swarnanews.co.id |Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE mengingatkan para kepala desa (Kades) khususnya kades yang baru menjabat agar dalam membelanjakan dana desa (DD) yang dikelolanya  yang telah ditetapkan bersama sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal tersebutnya disampaikannya pada saat melantik 8 kades dalam dua kecamatan yang berbeda, yakni di Kecamatam Jejawi Desa Tanjung Aur dan Kecamatan SP Padang Desa Terate, Rabu (20/9/2017).

Lebih lanjut dikatakannya, Kades sebagai kuasa pengguna anggaran memiliki tanggungjawab terhadap seluruh keuangan desa yang diterimanya. Dengan tanggungjawabnya tersebut, Kades harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni.

“Kuasai regulasi desa dan rangkul seluruh elemen yang ada di masyarakat dalam mewujudkan pembangunan desa. Kalau kedua hal ini dikuasai, Insyaallah jabatan kades akan menjadi berkah,” katanya sembari menjelaskan bagi para kades baru untuk belajar banyak sekaligus untuk memahami berbagai karakteristik dari perangkat pemerintahan yang akan menjadi mitra kerjanya nanti.

H Iskandar SE juga menghimbau kades petahana agar terus meningkatkan jalinan kerjasamanya lebih intensif dalam pengelolaan dana desa yang semakin besar setiap tahunnya.

“Jangan sampai ada kades dan sekdesnya gontok-gontokan kerjanya sampai lupa pada kewajibannya untuk menyejahterakan warganya,” himbaunya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKI, Hj Nursula SSos dalam laporannya pada kegiatan tersebut mengatakan, dalam pengambilan sumpah jabatan Kades yang terpilih pada pemilihan kepala desa serentak beberapa bulan lalu, sebanyak 5 Kades terpilih dari Kecamatan Jejawi dan 3 Kades terpilih di Kecamatan SP Padang.

5 Kades dari Kecamatan Jejawi yakni,
Jumenang sebagai Kades terpilih Desa Tanjung Aur, Kades Talang Cempedak yang terpilih yakni Bunyamin Ujang, Kades Lubuk Ketepeng, Ningsi, sedangkan Kades Jejawi, Zulkarnain dan Kades Pedu, Idren Panduinata dilantik di Desa Tanjung Aur Kecamata Jejawi.

Selanjutnya untuk 3 Kades di Kecamatan SP Padang yaitu Kades Terate, Hamdani, Kades SP Padang, Tulus dan Kades Belanti, Nepri dilantik di Desa Terate Kecamatan SP Padang.

Pada kegiatan itu juga, Bupati OKI, H Iskandar SE juga memberikan bantuan dua mobil puskemas keliling (Pusling) untuk Kecamatan Jejawi dan SP Padang, ternak itik untuk lima kelompok tani di dan menyerhakan E-KTP untuk warga di Kecamatan Jejawi dan SP Padang.

Sebelumnya juga Bupati OKI, H Iskandar SE menandangi Desa Muara Batun dalam rangka melakukan kunjungan kerja.

 

Sumber Beritamusi.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *