Camat Banyuasin 1, Hadiri Pengukuhan Panitia Pilkades Desa Pulau Borang

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Badan Permusyawaratan Desa, Desa Pulau Borang Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin Muhamad Amin, mengukuhkan dan melantik Panitia Pilkades serentak Tahun 2021 di Desa Pulau Borang.

Sesuai dengan instruksi dari pihak Kabupaten Banyuasin dan kecamatan dalam pemilihan Kepala Desa serentak, untuk itu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) membentuk panitia. Sebaliknya, apabila pemilihan anggota BPD Pemdes yang akan membentuk panitianya, Desa Pulau Borang menggelar pembentukan panitia Pilkades dan akan melakukan penjaringan calon Kepala Desa periode 2021-2026.

Pengukuhan dilaksanakan di Kantor Desa Pulau Borang Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin.

Tampak hadir pada pelantikan tersebut Camat Banyuasin 1 Lakoni Sopran Kades Pulau Borang Ketua BPD, dan seluruh anggota BPD, pengawas dan Tim pemantau Pilkades, jajaran Perangkat Desa Pulau Borang tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan dari Polsek Banyuasin

Berdasarkan hasil musyawarah BPD Desa Pulau Borang panitia pemilihan Kepala Desa Pulau Borang menyepakati, susunan kepanitiaan pemilihan kepala desa berjumlah 14 orang ketua merangkap anggota. Dan 14 orang panitia ini bekerja sejak mulai dilantik sampai hari pelaksanaan, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Keseluruhan lanitia Pilkades yang sudah disepakati pada rapat ini berjumlah 14 orang. Terdiri dari panitia Inti diaambil dari komponen unsur aparatur desa, lembaga desa dan tokoh masyarakat, Desa Pulau Borang,” kata Ketua BPD.

Adapun susunan panitia: M.Amin Ketua merangkap anggota, Hamdani Sekretaris merangkap anggota, Armadi, Alek, Andi, Handayani, Rus Diana, Irma Sandara, Aldi, Rahma Dani, Mulyadi, Riduan, Rahmad Afriyadi.

”Alhamdulillah hari ini Panitia Pilkades desa Pulau Borang sudah kita bentuk dan sudah kita ambil sumpahnya, juga kita kukuhkan,”ucap dia Ketua M Amin.

M Amin berharap, kepada panitia Pilkades agar nanti dapat melaksanakan aturan perundang-undangan dengan adil, profesional dan independen, serta mempunyai komitmen jangan sampai keberpihakan saat Pilkades digelar nanti. Agar bisa menciptakan suasana Desa Pulau Borang damai dan tentram. Dan Pilkades bisa terlaksana dengan sukses.

Camat Banyuasin 1 Lakoni Safran mengatakan, karena kepanitiaan sudah terbentuk, maka proses selanjutnya diberikan wewenang kepada kepanitiaan untuk menjalankan fungsinya. Sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.

”Ke depan kita serahkan kepada kepanitian dengan harapan tetap mengedepankan profesionalisme, independen, sukses tidaknya Pilkades ada di Panitia ini,” kata Camat Lakoni

Di kesempatan itu, PJ Kepala Desa (Kades) Ahmad Suyanto mengatakan, pembentukan panitia Pilkades ini berhubungan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2021 secara serentak se-Kabupaten Banyuasin. Yang akan digelar pada 17 November tahun 2021 ini.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin bahwa dari pihak BPD melaksanakan tugasnya untuk membentuk panitia Pemilihan Kepala Desa. Harapannya kepada panitia Pilkades terpilih bisa melaksanakan dengan baik sesuai aturan undang-undang, berlaku adil dan profesional.

“Selamat bagi panitia yang sudah diberi kepercayaan oleh BPD untuk melaksanakan amanah yang mulia ini. Supaya bisa bekerja sama dan melaksanakan segala tahapan sesuai petunjuk dan teknis, juknis baik itu peraturan maupun petunjuk dari kabupaten dan juga kecamatan. Tidak lepas dari itu panitia selalu berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa,” tutup PJ Ahmad Suyanto. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait