Catat ! BPS Sumsel Butuh Hampir 12 Ribuan Petugas Sensus

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Badan Pusat Statistik akan menggelar sensus penduduk 2020 (SP2020). Untuk mensukseskan program besar ini, setidaknya BPS butuh mitra hampir 12 ribu orang di Sumsel.

Kepala BPS Sumsel Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, untuk melancarkan program SP2020 BPS butuh banyak relawan atau petugas sensus yang akan mendata penduduk dengan sisitem wawancara hingga ke pelosok desa.

“Setidaknya kami membutuhkan petugas 11.996 orang yang bertugas di wilayah Sumsel yang meliputi 17 kabupaten kota. Khusus untuk kota Palembang saja membutuhkan hampir dua ribu petugas,” jelas Endang, saat menjadi pembicara di acara workshop wartawan dengan tema peran serta aktif wartawan dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020, Selasa (17/12/2019) di Hotel Aryaduta.

Menurutnya, dengan luasnya daerah cakupan sensus, BPS butuh pastisipasi masyarakat yang bertugas sebagai petugas sensus yang akan mencacah semua penduduk.

“Tentu kami akan merekrut petugas sensus dari masyarakat. Rekrutmen akan kami lakukan dengan sistem terbuka dan tertutup. Tertutup itu kami peruntukkan bagi mitra BPS yang selama ini sudah bekerja membantu kegiatan BPS. Sementara yang terbuka akan kani rekrut dengan cara online,” terangnya.

Perekrutan petugas sensus akan dilakukan BPS pada bulan Maret sampai April 2020, setelah sensus dengan sistem online dilaksanakan. Sementara sensus dengan cara wawancara akan dilakukan bulan Juli 2020 mendatang. “Tentunya ini terbuka untuk semua masyarakat yang memenuhi syarat dan kualifikasi yang sudah ditentukan,” terangnya. (*)

 

Teks: Ilham

Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait