Cik Ujang Berharap Musrenbang RKPD 2022 Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Dikecamatan Merapi Area

 

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Bupati Lahat Cik Ujang bersama PJ Sekda Lahat H. Deswan Irsyad bersama unsur SKPD terkait secara langsung menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022 Kecamatan Merapi Area, Rabu (20/01) berpusat di Aula Kantor Camat Merapi Selatan.

Pada Musrenbang RKPD Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Merapi Area ini mengusung tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Dan Daya Saing Daerah Yang Didukung Perbaikan Kualitas Infrastruktur dan Konekvitas Berbasis Perataan Berkelanjutan”.

Dalam laporannya, Camat Merapi Selatan Heri Yulianto,S.Sos.,MM mewakili Camat Merapi Barat dan Merapi Timur, menyampaikan bahwa dasar kegiatan ini sesuai dengan peraturan Permendagri, adapun peserta Musrenbang ialah seluruh Kepala Desa, Kepala BPD dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Merapi Selatan, sedangkan untuk di Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur hanya ketua forum Kades dan BPD, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi.

Dikatakannya juga, adapun sumber dana ialah APBD Kabupaten Lahat, sedangkan musrenbang ini bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat terutama dibidang pembangunan yang akan diusulkan ke pemerintah Kabupaten Lahat.

“Untuk itu kami meminta kepada Bupati Lahat untuk membuka langsung kegiatan Musrenbang ini,” katanya.

Dalam Musrenbang kali ini, ada beberapa permintaan masyarakat di Kecamatan Merapi Area, diantaranya Ketua Forum Kades Merapi Selatan yang mengusulkan masalah pembangunan jalan Kabupaten Lahat, dimana pihaknya sangat berterima kasih kepada Bupati Lahat yang telah membangun jalan beton di Kecamatan Merapi Selatan, selain itu ia meminta pembangunan jalan yang rawan longsor serta pembangunan Jembatan penghubung Desa Padang Baru.

“Jika jembatan tersebut putus maka masyarakat tidak bisa menjalankan roda perekonomian,” sampainya.

Selain ketua forum kades, ada juga Perwakilan dari Ketua BPD Merapi Selatan sekaligus sekaligus mewakili masyarakat Merapi Selatan. Dimana ia mengusulkan kiranya bantuan disektor pendidikan dan kesehatan, pertama pembangunan tembok penahan di TK Pembina di Desa Lubuk Betung karena berdekatan dengan sungai.

“Jika TK tersebut ambruk maka jembatan penghubung Desa Geramat dan Lubuk Betung akan putus juga. Selain pendidikan, kesehatan juga mohon diperhatikan diantaranya perumahan untuk dokter di Puskesmas Kecamatan Merapi Selatan. Selain itu, Karena masyarakat di Kecamatan Merapi Selatan ini mayoritas petani, maka kami meminta bantuan nya mengenai pupuk dan bibit buah-buahan,” ujarnya.

Selain perwakilan dari Forum Kades dan BPD, ada juga Permintaan dari Koramil dan Polsek Merapi, dimana Koramil Merapi meminta untuk pembangunan rehabilitas kantor Koramil sehingga pihaknya bisa bekerja secara maksimal melayani masyarakat 1×24 jam. Sedangkan Polsek Merapi meminta untuk pembangunan asrama anggota Polsek.

Pada Musrenbang di Kantor Camat Merapi Selatan ini, Kecamatan Merapi Barat yang diwakili oleh Forum BPD Merapi Barat juga meminta pembangunan Jembatan ayun yang berada di pelancu, sebagai penghubung Kecamatan Merapi Barat dengan Kecamatan Merapi Selatan, dimana jembatan ayun ini dulu pernah menjadi jalan alternatif penghubung masyarakat setempat.

Selain BPD, Tokoh masyarakat Merapi Barat juga meminta pemvangunan Rumah Tahfidz. “Kemarin sudah ada rumah Tahfidz yang saat ini mempunyai hibah tanah dari warga yang berada di belakang SMA 1 Merapi Barat, untuk itu kami sebagai pembina mengusulkan pembangunan rumah Tahfidz tersebut,” pintanya.

Menanggapi permintaan masyarakat di Kecamatan Merapi Are tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang,SH menyampaikan bahwa Musrenbang ini adalah wadah perencanaan dan menampung keinginan masyarakat dalam peningkatan pembangunan.

Dengan adanya Musrenbang ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Lahat, khususnya kecamatan Merapi Barat, Merapi Timur dan Merapi Selatan.

Selaku Bupati Lahat, Cik Ujang berharap kepada seluruh kepala OPD untuk bekerja keras untuk pembangunan Kabupaten Lahat.

“Semoga Musrenbang ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Apa-apa yang telah diusulkan dapat dikoordinasikan dengan instansi terkait, lebih baik lagi yang diusulkan dapat dibuat proposal untuk disampaikan ke Bappeda,” ujarnya.

“Jika pembangunan tersebut urgen dan bisa dibangun oleh dana desa maka bangunkan melalui dana desa, namun dana nya tidak cukup maka sampaikan ke Pemerintah Daerah untuk ditindak lanjuti,” tutup Cik Ujang.

Hadir pada Musrenbang di Kecamatan Merapi Selatan ini, Bupati Lahat Cik Ujang,SH, PJ Sekda Lahat, Kepala Bappeda Lahat, unsur SKPD terkait, Camat SE Merapi Area, Ketua BPD dan Ketua Forum Kades se Merapi Area serta perwakilan Tokoh Masyarakat se Merapi Area.

Teks: Jumra
Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait