Curhat Warga Tegal Binangun Kepada Ishak Mekki

Soal Sengketa Tapal Batas

 

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Tampaknya kehadiran Anggota DPR RI, Ir.H. Ishak Mekki, MM di masa reses ini menjadi ajang curhat bagi warga di daerah pemilihan (Dapil) yang dikunjunginya. Meski Ishak Mekki merupakan anggota dewan yang tergabung dalam Komisi V yang membidangi infrastruktur, perhubungan, desa, Basarnas dan BMKG, namun warga tak sungkan berkeluh kesah dan menumpahkan uneg-unegnya tentang hal ihwal di luar bidang tugas komisinya.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju, Palembang pada Kamis (26/12-2019) saat Ishak Mekki mengunjungi kawasan ini dalam rangka reses Tahun Sidang 2019-2020. Ratusan warga setempat yang tergabung dalam Forum Masyarkat Plaju Darat Bersatu (FMPDB) mengadukan permasalahan yang terjadi selama bertahun-tahun di sini yakni sengketa tapal batas antara Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

Wilayah Tegalbinangun, Plaju Darat merupakan kawasan tapal batas yang dipersengketakan tersebut. Akibat berlarut-larutnya persengketaan itu, maka kawasan RT 16, Tegalbinangun dan sekitarnya, dalam Kelurahan Plaju Darat, pembangunannya mejadi terhambat.

Uneg-uneg dan keluh kesah inilah yang ditumpahkan warga kepada Ishak Mekki dalam sesi dialog di acara reses tersebut. Warga meminta Ishak Mekki selaku wakil mereka agar membantu menyelesaikan persoalan sengketa batas wilayah ini.

“Ini akan menjadi bom waktu pak, jika persoalan sengketa batas wilayah ini tidak kunjung selesai. Warga pasti marah, karena status mereka tak jelas dan pembangunan di kawasan ini menjadi terhmbat,” kata warga Plaju Darat melalui Ketua FMPDB, Daryono diamini warga lainnya yang disaksikan juga para tokoh masyarakat setempat, Ketua RT 26, Rahmanuddin Mursyid dan Lurah Plaju Darat, Rupawansyah, M.Si.

Anggota DPR RI, Ishak Mekki yang juga mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel yang secara seksama menyimak apa yang dikeluhkan warga tersebut menanggapinya serius. Meski bukan ranah komisinya, Ishak berjanji akan mengangkat persoalan ini secara lintas komisi di parlemen.

“Saya akan bawa persolan ini kepada teman-teman lainnya sesama anggota secara lintas komisi di pusat,” kata Ishak Mekki serius.

Kepada warga, Ishak menyarankan agar secara baik-baik melalui forum yang telah dibentuk tersebut mendatangi para pimpinan di dua wilayah tersebut, Bupati Banyuasin dan Walikota Palembang untuk bermusyawarah dengan membawa data-data yang lengkap, baik data wilayah maupun data sejarahnya.

“Jika tidak juga dihasilkan titik temu dalam musyawarah tersebut, barulah persoalan ini diangkat secara hukum,” saran Ishak Mekki ditanggapi serius warga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait