Dinas Pertanian PALI Launching Vaksin PMK

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Meski nol kasus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) di wilayah Bumi Serepat Serasan, tetapi dalam mencegah penyebaran virus yang menyerang hewan ternak berkaki empat itu.

Dinas Pertanian kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang membawahi bidang peternakan mulai memberikan vaksin PMK terhadap hewan-hewan ternak di empat kecamatan. 

Launching vaksinasi PMK ternak tahap pertama di kabupaten PALI dilakukan pada Rabu (29/6/22) di peternakan Talang Kerangan Kelurahan Talang Ubi Utara kecamatan Talang Ubi yang dibuka Bupati PALI melalui Asisten II Rusdi S. Sos disaksikan Kapolres PALI melalui Kapolsek Talang Ubi, Dandim 0404 MPP dan sejumlah kepala OPD terkait dilingkup Pemkab PALI. 

Dikatakan Ahmad Jhoni, Plt Kepala Dinas Pertanian bahwa vaksinasi tahap pertama disiapkan 400 vaksin yang akan diberikan di empat kecamatan. 

“Kita usulkan 2.000 vaksin lebih, tetapi baru datang 400 vaksin yang langsung kita berikan. Target di empat kecamatan, yakni Talang Ubi, Tanah Abang, Penukal dan Abab, semenara kecamatan Penukal Utara sudah pernah ada suspek PMK,” ujar Ahmad Jhoni. 

Dijelaskan Ahmad Jhoni bahwa total populasi sapi ada 4.343 ekor hanya saja yang siap divaksin 2.120 ekor. 

“Jenis vaksin yang diberikan jenis Aftopor. Yang mudah-mudahan dapat mencegah penyebaran PMK. Yang diberikan vaksin untuk sementara terhadap sapi,” ungkapnya. 

Untuk memastikan hewan ternak bebas PMK saat hari raya kurban, Ahmad Jhoni menyatakan pihaknya dalam waktu dekat ini mengecek hewan-hewan kurban baik yang berada di penjual maupun yang sudah dibeli masyarakat sebagai hewan kurban. 

“Petugas kita akan berkeliling mengecek hewan kurban agar hewan yang disembelih saat hari raya Idul Adha benar-benar bebas dari PMK,” pungkasnya. (*)

Teks: sangkut
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait