Dipimpin AHY, Elektabilitas Demokrat Naik Lagi Capai 11,6 Persen di Survei Kompas

Amri Sudaryono : Siap Raih Kemenangan Pemilu di Muratara

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas telah merilis hasil surveinya pada Selasa, 21 Juni 2022 lalu, tiga besar elektabilitas Partai Politik ditempati oleh PDIP 22,8 persen, Gerindra 12,5 persen, dan Demokrat 11,6 persen. Adapun peringkat selanjutnya diduduki oleh Golkar 10,3 persen, PKB 5,4 persen , PKS 5,4 persen, Nasdem 4,1 persen, PAN 3,6 persen, dan PPP 2 persen.

Litbang Kompas sendiri melakukan survei secara berkala. Berdasarkan survei tersebut pada Oktober 2021, elektabilitas Demokrat masih di 5,4 persen. Sedangkan survei di bulan Januari 2022, Demokrat menembus dua digit, yaitu 10,7 persen. Dan kini, Demokrat naik kembali mencapai 11,6 persen. Hal ini menunjukkan elektabilitas Demokrat meningkat secara konsisten selama setahun terakhir.

Demokrat mengapresiasi hasil survei Litbang Kompas ini. Hasil positif ini semakin memacu Demokrat agar terus memperjuangkan dan menyuarakan aspirasi dan harapan rakyat, untuk perubahan dan perbaikan. Ada tiga kunci kenaikan elektabilitas Partai Demokrat.

Pertama, konsistensi Partai Demokrat menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat, yang disampaikan secara terintegrasi di ruang publik, baik di parlemen pusat maupun daerah.

Hal ini terjadi dikarenakan oleh kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data, membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat sesuai dengan harapan publik.

Kedua, konsolidasi organisasi yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga membuahkan hasil positif. Soliditas semakin terjaga. Kebersamaan dan loyalitas kader semakin terbentuk.

Kesatuan gerak langkah organisasi Partai Demokrat di berbagai tingkatan sebagai buah konsolidasi ini pun, memudahkan Demokrat mendekatkan diri dengan rakyat dan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi rakyat, seperti disampaikan Peneliti Senior Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor di Harian Kompas (21/06).

Ketiga, intensitas dan konsistensi Partai Demokrat dalam membantu rakyat secara masif saat menghadapi kesulitan selama masa pandemi covid-19 dalam dua tahun terakhir ini merupakan program konkrit yang sangat menyentuh dan bermanfaat langsung bagi rakyat.

Dengan hasil survei ini tidak akan membuat Demokrat jumawa namun justru akan membuat para kader Demokrat semakin giat dalam mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya dalam hal perubahan dan perbaikan, karena harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat.

Amri Sudaryono, S.E.

Menyikapi hasil survei Litbang Kompas ini, mantan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan, Amiri Sudaryono, SE, tampak menunjukkan kebanggaannya. Tidak heran karena salah satu tokoh sentral pemekaran DOB Muratara ini sejak AHY terpilih menjadi Ketum sangat yakin dengan kemampuan leadership putra sulung Soesilo Bambang Yudhoyono itu.

Masih ingat saat terjadi upaya kudeta kepada Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dilakukan oleh barisan kelompok Jenderal Moeldoko, ketika itu (red: tepatnya Kamis, 04/2/2021), saat itu secara tegas Amri Sudaryono, baik sebagai kader Partai Demokrat maupun selaku Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Murat Musi Rawas Utara mendukung penuh AHY.

Amri Sudaryono menegaskan bahwa kader Partai Demokrat di daerah khususnya Muratara nyaman dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menurut Amri dewan pimpinan pusat (DPP) mampu membuat satu narasi dan instruksi yang memunculkan kenyamanan bagi kader Partai Demokrat.

“Sejauh yang kita pahami dan kita rasakan sampai sekarang seluruh kader sangat antusias untuk membesarkan partai dan sangat mendukung apa yang menjadi wacana ketua umum AHY,” ujar Amri kepada sejumlah awak media.

Dan masih tercatat juga pernyataan Amri kala itu tentang sikapnya mendukung penuh AHY.

“Kami mendukung AHY karena beliau memang layak dan pantas untuk menduduki jabatan ketua umum Partai Demokrat serta hanya AHY yang dipilih menjadi ketum demokrat melalui Kongres V Partai Demokrat di Jakarta dan di pilih secara konstitusional melalui tahapan-tahapan yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Partai Demokrat (PD) dan kami juga sangat mendukung apa yang menjadi wacana besar AHY kedepannya” ungkap Amri, kala itu kepada beberapa pewarta.

Jejak digital pemberitaan media online juga masih menyimpan pernyataan tegas dan luga Amri, bukti konkretnya dukungan mantan aktivis mahasiswa era akhir 1980 hingga 1990-an di kota pendidikan Yogyakarta tersebut kepada sosok kepemimpinan AHY.

“Pengurus daerah dan cabang Partai Demokrat di Sumatra Selatan (SUMSEL) terutama pengurus di Muratara akan tetap solid mendukung AHY sebagai Ketua Umum dan kami juga menegaskan menolak keras atas gerakan-gerakan yang berupaya mengkudeta serta mengobok-obok partai kami secara inkonstitusional dan menolak gerakan-gerakan kader partai demokrat yang melanggar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai,” ungkap Amri yang dilansir media lokal pada awal Februari 2021 lalu.

“Kami siap menyongsong Partai Demokrat menjadi partai pemenang pada Pemilu tahun 2024 di bawah kepemimpin Ketum Agus Harimuti Yudhoyono. Tingginya elektabilitas Partai Demokrat hingga 11,6 persen bukan tanpa sebab. Ini capaian kepemimpinan Ketum AHY. Kita berharap kondisi ini makin meningkat dan stabil hingga Pemilu 2024 nanti,” harap Amri penuh optimis.

Teks : Rehan Akil
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait