Dishub Sumsel Rutin Cek Kendaraan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG, 28/12 /2019 | Dinas Perhubungan Sumatera Selatan rutin melaksanakan pengecekan kendaraan, terutama pada musim libur, seperti Natal dan tahun baru.

Dalam menghadapi liburan Natal dan tahun baru, kata Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Nelson Firdaus di Palembang, Sabtu, pihaknya telah melaksanakan pengecekan kendaraan, seperti angkutan air.

Pengecekan itu tidak lain agar sarana transportasi air dan darat lancar dan sesuai dengan ketentuan keselamatan.

Yang jelas pengecekan itu tidak lain untuk meningkatkan keselamatan para penumpang selama Natal dan menghadapi tahun baru.

Selain pengecekan, pihaknya juga telah melaksanakan sosialisasi tentang keselamatan pelayanan angkutan sungai dan danau.

Menurut dia, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan informasi keselamatan kepada masyarakat, khususnya di lingkungan para pengelola angkutan sungai dan danau serta para penumpang angkutan lainya guna meningkatkan keselamatan pelayaran di Sumsel khususnya.

Kegiatan inspeksi keselamatan (ramp check) ini bukan hanya dilakukan di laut, melainkan angkutan transportasi darat juga telah disosialisasikan guna menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.

“Jadi, kami lakukan ramp check untuk semua angkutan dan juga masyarakat pengguna angkutan, baik darat maupun sungai, untuk dapat pemahaman bahwa keselamatan itu penting,” kata Nelson Firdaus.

Bagi para pengguna angkutan, misalnya menggunakan angkutan laut, dapat memahami tentang standar kelayakan bertransportasi. Khususnya kepada para awak kapal agar melengkapi standar pelayaran, di antaranya pelampung dan kelengkapan administrasi.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengimbau bagi pengemudi untuk menaati aturan seperti rambu lalu lintas.

Hal itu, menurut dia, penting karena rambu lalu lintas sebagai petunjuk dalam perjalanan sehingga selamat sampai tujuan.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait