Ditengah Pandemi Covid-19 Pola Belajar Berubah, Tenaga Pendidik Diharapkan Persiapkan Diri

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Tenaga Pendidik di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), diharapkan harus siap menghadapi industri 4.0 Dan society 5.0.

Hal itu dikatakan oleh Isni Andriana, SE MFin Phd, salah satu narasumber pada kegiatan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 di Kabupaten PALI, Senin (05/7/2021) yang digelar secara daring, menggunakan aplikasi zoom meeting.

Webinar dengan mengambil tema Belajar Online Dengan Media Aplikasi Digital itu diikuti oleh 614 peserta yang mendaftar, yang terdiri atas tenaga pendidik, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab PALI, tokoh pemuda, tokoh pendidikan serta masyarakat umum.

Selain Isni Andriana, ada tiga orang lagi yang menjadi narasumber pada kegiatan webinar yang kedua kalinya digelar oleh tim Siberkreasi PALI, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten PALI. Diantaranya, Nida Nidiana, Higher Primary Academic Coordinator Sekolah Madania, Rizki Hesananda, S.Kom, M.Kom, Lecture dan Programmer, Dr. Darwin Effendi, M.Pd., Dosen Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, serta Isni Andriana yang merupakan Dosen Universitas Sriwijaya.

Ditambahkan Isni Andriana bahwa tenaga pendidik tidak hanya mampu mentransfer ilmunya, tetapi tenaga pendidik juga harus mampu menjadi motivator dan inspirator.

“Tentu, kriterianya cerdas, kreatif, inovafif, bertaqwa, jujur, kompeten, displin, santun, percaya diri, mandiri, demokratis dan lain sebagainya. Untuk itu, tenaga pendidik diharapkan memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif,” terang perempuan asli dari Desa Gunung Menang, kecamatan Penukal, kabupaten PALI.

Berkenaan dengan kegiatan webinar GNLD 2021 yang kedua, Suparman, runner dari tim Siberkreasi Kabupaten PALI, menuturkan bahwa kegiatan webinar berjalan dengan lancar serta diikuti oleh 614 pendaftar.

“Kami harapkan kepada semua tenaga pendidik, untuk mengikuti kegiatan webinar, karena selain diisi oleh narasumber yang memang berkompeten di bidangnya, juga kegiatan webinar dapat menambah motivasi para guru dalam menyiasati perubahan sistem belajar mengajar di era pandemi covid-19 seperti sekarang.

“Wabah pandemi mengubah pola hidup dan pola pendidikan masyarakat Indonesia. Perubahan sistem belajar mengajar dari tatap muka menjadi daring, tentu tidak akan mudah. Nah, untuk menambah wawasan terkait belajar online, kami bersama Diskominfo PALI, menggelar webinar. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan nasional, dimana sebelumnya telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan, diakhir acara akan mendapat E-Certificate dari Kementerian Komunikasi dan Informatika,” terang Suparman, yang dijumpai di ruang vidcon Diskominfo kabupaten PALI.

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo kabupaten PALI, melalui Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Bertha Haryanto, ST MSi menerangkan bahwa kegiatan webinar GNLD 2021 ini merupakan program dari pemerintah pusat, dimana tujuannya untuk membantu masyarakat memahami perkembangan teknologi.

“Membantu masyarakat, untuk paham teknologi. Sehingga, diharapkan masyarakat tidak hanya pandai menggunakan media sosial, tetapi juga harus mengetahui etika dalam menggunakan media sosial. Karena, sudah disampaikan para narasumber tadi, akan ada cyber security, yang bertugas untuk menjadi pengamanan di dunia Maya, disamping itu juga jangan lupa ada Undang-undang ITE,” kata Bertha.

Sementara itu, Alkopri, salahsatu peserta yang merupakan tenaga pendidik asal SD Negeri 4 Penukal Utara, mengatakan bahwa kegiatan webinar yang diinisiasi oleh tim siberkreasi dan kemenkominfo sangat bagus dan sangat baik.

“Tentu ini bisa menambah wawasan guru dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 seperti sekarang,” pungkasnya.

Teks: Sangkut
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait