Dokter Dian Kartika: Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik bagi Masyarakat

Melayani Pasien Dengan Penuh Empati

DOKTER DIAN KARTIKA, Kepala UPT Puskesmas L Sidoharjo terus bertekad memberikan layanan kesehatan terbaik bagi warga.

SWARNANEWS.CO.ID, TUGUMULYO MUSI RAWAS –Nama Dokter Dian Kartika sangat dikenal di kalangan masyarakat Kecamatan Tugumulyo.  Kiprahnya sebagai dokter umum yang  diamanahi sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Puskesmas L .Sidoharjo Tugumulyo Musirawas Sumatera Selatan cukup fantastis.

Dokter yang dikenal  murah senyum, energik, bijaksana, ulet,dan bertanggungjawab ini sangat mencintai pekerjaan. Sebab beliau menyadari sebagai petugas kesehatan haruslah menjunjung etika dan prinsip-prinsip yang nilai-nilai mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Di samping itu juga selalu memegang prinsip dan  berjiwa sosial dalam menangani kesehatan masyarakat. Sebab kesehatan menjadi suatu prioritas yang  harus ditangani baik di desa,kecamatan,kabupaten bahkan mendunia.

“Itulah sebabnya dalam memberikan layanan kepada pasien saya dengan penuh empati,” ujar wanita kelahiran Musirawas, 2 Juni 1984 ini.  Alumnus  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini sudah tak asing dengan masyarakat Tugumulyo.  Sebab mulai dari pendidikan dasarnya dia tempuh di SDN B Srikaton,  Kemudian ke SMPN B.Srikaton, SMAN Tugumulyo. Lalu melanjutkan pendidikan pada Fakultas Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Sedangkan pengalaman sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT) selama satu tahun dia jalani  di Lampung Utara. Tahun 2010 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)  di Kabupaten Musirawas bertugas di Puskesmas O.Mangun Harjo selama delapan tahun. Kemudian tahun 2018 hingga 2021 bekerja di Puskesmas C Nawangsasi. Lalu 2021 sampai sekarang diamanahi  sebagai KUPT Puskesmas L. Sidoharjo.

 

 

Menunggu kelahiran perdana, Dian kartika dan Fadli  suami tengah menunggu kelahiran buah hati mereka,

Sebagai pasangan hidup dia dipersunting seorang jejaka Fadli yang mengajar di SMAN Sumberharta dan tinggal di F Trikoyo. Saat ini thampir dikaruniai  momongan.

“Alhamdulillah ini kelahiran  perdana,bulan depan launching anak pertama.”  ujar wanita murah senyum dan   berwibawa sambil mengelus-elus calon buah hatinya dengan kasih sayang.

Saat bertugas di  Puskesmas L Sidoharjo dia dan tim selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di samping itu  melengkapi berbagai  fasilitas yang ada di Puskesmas layaknya seperti rumah sakit.

Saat ditemui di ruang kerjanya di Puskesmas L Sidoharjo, Senin (30/20/2023) beliau menyampaikan syukur alhamdulillah dalam waktu singkat puskesmas ini bisa seperti rumah sakit-rumah sakit yang lain dengan semua fasilitas-fasilitas yang disediakan dan pelayanan tim medis,dokter dan perawat yang lengkap.

“Kami semua bekerja keras untuk pencapaian dalam pelayanan kesehatan  kepada masyarakat yang membutuhkan tindakan kesehatan,” ujarnya.

 

Layanan di poli gigi.

Sudah banyak sekali ruangan-ruangan beserta dokter-dokter yang menangani secara langsung  pasien-pasiennya seperti ruangan pemeriksaan-pemeriksaan. Antara lain ruang pemeriksaan umum Dr.Catur Bhaktiana Dewi, ruang pemeriksaan  KIA/KB Dr.Prisha Hamda,  ruang pemeriksaan Lansia Dr.Endrico Femi Hutagalung dan Dr.Prisha Hamda, ruang pemeriksaan gigi dan mulut Dr.Adlia Windy, ruang pelayanan MTBS Dr.Endrico Fermi Hutagalung, Ruang Pelayanan Farmasi Jella, Ruang Tindakan Dr.Endrico Fermi Hutagalung dan dilengkapi dengan ruangan-ruangan Nursestation, ruangan dokumen,ruangan gudang obat-obatan, ruangan tempat beribadah,ruang spoel hoek dan sterilisasi layaknya seperti  sebuah rumah sakit.

Puskesmas L. Sidoharjo saat ini menaungi tujuh desa sekaligus sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di desa-desa, namun yang mendapatkan pelayanan sebagai pasien bukan hanya warga  tujuh desa saja bahkan dari desa-desa yang tidak termasuk dalam pengawasan dan naungan Puskesmas L Sidoharjo juga mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan. Mereka tidak perlu lagi  jauh-jauh ke rumah sakit besar. Dalam sehari pasien yang rawat jalan mencapai 50 orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan di puskesmas ini.

Semua capaian itu berhasil diraih  dengan kerja keras, baik dalam upaya  meningkatkan pelayanan maupun pengadaan alat-alat dan seluruh fasilitas-fasilitas lain. Di bawah kepemimpinan Dokter Dian Kartika  puskesmas ini mendapatkan  apresiasi yang sangat luar biasa dari masyarakat. Sebab  mereka tidak hanya melayani kegiatan posyandu yang ada di desa-desa, tapi pelayanan yang ada di Puskesmas sungguh sudah sangat memenuhi standar sebagai suatu puskesmas yang terakreditasi sangat bagus.

Teks/Foto: Hosiaroba

Editor: Sarono P Sasmito

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. you’re truly a good webmaster. The website loading pace is incredible. It kind of feels that you are doing any distinctive trick. Moreover, The contents are masterwork. you have done a wonderful process on this subject!

  2. It is the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you could write next articles referring to this article. I want to read even more things about it!

  3. Hi there, You have done an excellent job. I will definitely digg it and personally suggest to my friends. I’m sure they’ll be benefited from this website.