“Dongeng” Sebagai Media Belajar

SWARNANEWSGuru sebagai pendidik dan pengajar, harus memiliki metode khusus untuk menyampaikan materi pelajaran kepada murid yang tidak membosankan. Salah satu diantaranya adalah melalui penguasaan menyampaikan cerita atau kisah dengan mendongeng.

Dongeng adalah salah satu alat untuk membangun karakter bangsa. Untuk itu, pendongeng Palembang Slamet Nugroho atau yang lebih dikenal dengan Kak Inu, mengajak para guru untuk menghidupkan dongeng dalam kegiatan belajar mengajar.

Kak Inu Mecontohkan cara mendongeng kepada para guru di kota palembang.

“Mengatakan bahwa dongeng dapat membangun kedekatan emosional antara pendidik dengan anak dan memberikan kekayaan pengalaman batin bagi peserta didik,” ungkap kak Inu pada saat memberikan materi di acara pelatihan menulis cerita dan mendongeng di SD Negeri 241 Palembang, Kamis, (26/10/2017).`

Dikatakannya dongeng adalah sarana pengamanan dan perlindungan warisan budaya yang ada di Indonesia.

Indonesia mempunyai nilai warisan budaya yang sangat bernilai. Warisan ini perlu dilestarikan. Suatu bangsa akan dianggap memiliki harkat dan martabat yang baik apabila nilai-nilai budayanya tetap lestari. Peran nilai budaya sangat penting untuk perkembangan pengetahuan dari generasi ke generasi.


Desti salah seorang peserta mengatakan pelatihan seperti ini mungkin perlu digalakkan kembali untuk para pendidik karena untuk menambah kreativitas guru dalam menggunakan metode belajar yang efektif dan menyenangkan untuk peserta didik

“ Mendongeng mungkin menjadi salah satu alternatif sebagai metode belajar apalagi saat ini anak-anak lebih suka menggunakan gadget. Kalau kita ingat dulu waktu masih kecil, orang tua kita mentradisikan mendongeng menjelang tidur bagi anak. Secara perlahan dan tanpa sadar, pesan yang terkandung dalam dongeng itu, sampai sekarang masih demikian melekat,” ungkap wanita yang berprofesi sebagai guru tersebut.

 

Penulis : Fauzan

Editor   : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait