Dosen FMIPA Unsri Lakukan Pengabdian Masyarakat Tahun 2021:Pembuatan Kopi Semendo Sancaco Sebagai Ide Wirausaha  di Desa Pulau Semambu

Oleh: MIKSUSANTI, HASANUDIN, DASRIL BASIR, DEDI ROHENDI

SWARNANEWS.CO.ID, INDRALAYA OI  I  Sebagai bagian dari implementasi  pengabdian masyarakat, Dosen FMIPA  Unsri menggelar  kegiatan  di dusun 3, Desa Pulau Semambu, tentang Peracikan Kopi  SEMENDO SANCACO  yang mengandung asam lemak baik yaitu omega 6 dan omega 3. Anggota Tim Pengabdian masyarakat ini terdiri dari 1.Miksusanti, 2.Hasanudin, 3. Dasril Basir, dan 4.Dedi Rohendi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mengenalkan dan melatih masyarakat dusun 3 Pulau Semambu dalam meracik Kopi Semendo Sancaco. Sumatera selatan mempunyai kopi yang khas, salah satunya adalah Kopi Robusta Semendo. Kopi menjadi minuman favorit masyarakat SUMSEL umumya, Ogan Ilir Khususnya. Untuk membuat sediaan kopi menjadi minuman yang bemanfaat besar bagi kesehatan, maka dalam kegiatan ini, di racik komposisi kopi robusta semendo yang di blending dengan Minyak Sanca Inci Oil dan Virgin Coconat Oil (VCO). Kombinasi minyak ini akan membuat minuman kopi tidak terlalu asam bagi lambung, dan menyediakan perbandingan lemak essential sehat yaitu omega 3 dan omega 6. VCO hanya mengandung omega 6, tapi tidak memiliki kandungan omega 3. Kombinasi omega 6 dan omega 3 perlu disediakan terus untuk tubuh agar terhindar dari inflamasi sehungga dapat membantu kesehatan jangka panjang dan dimasa pandemi seperti ini. Minyak sanca inci oil, mengandung precursor untuk pembentukan omega 3, sehingga dengan mengkonsumsi minyak ini tanpa pemanasan, akan menyediakan omega 3 yang cukup baik, bagi konsumen. Racikan kopi Sancaco ini juga dapat dicampur bubuk inulin dari biji cikori agar minuman kopi bersifat prebiotik dan dapat menstimulasi bakteri baik bagi pencernaan.

 

 Tim Dosen Pengabdian FMIPA UNSRI sedang berdiskusi interaktif dengan warga dusun 3 Desa Pulau Semambu

Kegiatan ini berkoordnasi dengan Ibu ketua kelompok Pengajian Dusun 3, Desa Pulau Semambu, Ibu Endang Subekti Rahayu. Materi yang diberikan ke masyarakat, meliputi materi tentang minyak sehat, omega 3, omega 6, sanca inci oil, inulin sebagai prebiotik dan Cara meracik Kopi Semendo Sancaco. Semua peserta pengabdian antusias dengan kegiatan ini, dan meminta tim pengabdian kami rutin melakukan penyuluhan. Mahasiswa FMIPA UNSRI yang terlibat juga mendapat manfaat mempraktekkan ilmu dari materi kuliah” Kimia Bahan Makanan”, yang mereka dapat di FMIPA UNSRI, untuk di terapkan ke masyarakat. Mahasiswa yang terlibat adalah Rizki Rinaldi, Suteja, Adinda Thalia, Lidya Annisa, Erwin Gilbert, Amso Aprijayani, Amalia Khairunnisa, Siti nur Hidayati dan Meyshin Herawati.

 

 Mahasiswa FMIPA UNSRI yang ikut aktif brperan dalam  Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dana Fakultas MIPA UNSRI

Saya selaku ketua tim Pengabdian Masyarakat ini mengucapkan Terimakasih yang sangat mendalam kepada masyarakat dusun 3 desa Pulau Semambu yang telah antusias mengikuti dan berusaha memahami informasi ilmiah dan praktis di acara pengabdian masyarakat ini. Terimakasih juga kepada ibu ketua kelompok pengajian dusun 3, desa Pulau Semambu, Ibu Endang Subekti Rahayu dan Ibu kepala Desa Pulau Semambu, Ibu Jumasih, yang telah memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat FMIPA UNSRI ini sehingga sukses dilaksanakan.

Teks/Foto: Miksusanti

Editor:  Sarono P Sasmito

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait