DPD Golkar Banyuasin, Beli Langsung Gabah Petani

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Kepedulian nasib para petani di tengah anjloknya harga Gabah Kering Giling (GKG), DPD Partai Golkar Kabupaten Banyuasin melakukan gerakan beli gabah dan beras langsung dari petani.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banyuasin, Irian Setiawan mengatakan, membeli beras langsung dari petani dengan harga pasar bertujuan untuk meningkatkan harga beras.

“Ya, membeli beras langsung dari petani dengan harga pasar untuk kebutuhan satu hingga dua bulan ke depan, maka harga di tingkat petani akan naik kembali karena besarnya permintaan serta pendeknya arus distribusi beras,” kata Irian, Sabtu (10/4/2021).

Dia menambahkan, gerakan ini diikuti oleh masyarakat secara luas, maka penyerapan beras akan semakin cepat saat panen raya nanti. Ia berharap peran Bulog sebagai penyangga utama harga beras semakin kuat.

“Lebih baik membeli beras dari petani untuk kebutuhan minimal sebulan atau dua bulan ke depan,” tegasnya.

Lebih lanjut Irian Setiawan juga berharap, gerakan beli beras ke petani ini bisa menjadi gerakan gotong royong antar warga. Beras yang disimpan oleh masyarakat untuk kebutuhan konsumsi sebulan hingga dua bulan ke depan dijamin tidak akan rusak.

“Saya yakin beras yang disimpan masyarakat untuk kebutuhan sebulan atau maksimal dua bulan kualitasnya tetap terjaga dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Banyuasin, Farida Achayati Rochim merespon gerakan tersebut dengan membeli beras langsung dari petani.

“Saya sangat mendukung Gotong Royong gerakan beli beras petani sebagai bentuk perhatian kami dari Partai Golkar terhadap petani Indonesia, sebagai salah satu penyumbang pangan peringkat ke empat petani Kabupaten Banyuasin harus mendapat dukungan moral dan moril. Inilah langkah kongkrit yang kami lakukan. Instruksi dari DPP yang direalisasikan ditingkat Provinsi dan Kabupaten,” kata Farida.

“Nantinya beras yang kami beli akan kami manfaatkan untuk dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah untuk kita semua sebagai umat muslim untuk dapat berbagi kepada sesema,” tambah Farida.

Saat ini petani desa Banyu Urif, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, mengungkapkan, rasa syukur atas perhatian kader-kader partai Golkar yang telah melakukan gerakan gotong-royong membeli beras dari petani.

“Kami sangat berterimakasih sekali, partai Golkar Kabupaten Banyuasin telah membuat gerakan gotong royong membeli beras petani. Ini sangat bermanfaat sekali bagi kami petani ini,” kata Satini.

“Harga yang dibeli dari kami juga mengikuti harga pasar, bukan harga petani. Semoga gerakan ini terus berlanjut sampai nanti harga gabah dan beras petani kembali seperti semula,” harap Satini. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait