Ekonomi Sumsel Turun Drastis, BI : Optimis Pemilihan Triwulan III

Triwulan II Ekonomi Sumsel Turun Drastis, BI : Optimis Pemilihan Triwulan III

SWARNANEWS.CO,ID, PALEMBANG – Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020, bertemakan Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi, bertempat di Hotel Arista, Kamis (3/12/2020)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo menyampaikan, pemulihan ekonomi saat ini mulai membaik di bandingkan triwulan kedua tahun 2020 yang mengalami penurunan cukup tajam di bandingkan triwulan satu.

Meskipun demikian, mulai Januari – Februari masih merasakan ekonomi dan belum terlihat dampaknya. Karena pandemi mulai bulan April – Maret. Dari 4,98 persen setelah dikoreksi BPS menjadi 4,8 persen.

Kemudian, triwulan dua mengalami pertumbuhan negatif sebesar 1,5 persen. Meskipun memasuki zona pertumbuhan negatif, Sumsel masih relatif baik dibandingkan provinsi lainnya di wilayah Sumatera.

“Alhamdulillah, triwulan ketiga sesuai prediksi besaran sedikit berbeda. Karena ada pertandingan dan event-event. Triwulan kedua relatif rendah untuk dilewati dan optimis bisa direalisasikan sehingga ekonomi mulai membaik. Meskipun membaik sebelum masa pandemi, tetapi paling tidak ada perbaikan dari 1,5 menjadi 1,4 persen,” ujar Hari saat menggelar konferensi pers

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan, sesuai mengamati perwakilan Bank Indonesia bahwa tantangan pertumbuhan ekonomi di Sumsel masih silih berganti.

Untuk itu, diperlukan kepekaan untuk menyemangati rakyat dalam kondisi pemberantasan pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

“Potensi pelaku ekonomi masih konvensional. Makanya, harus di siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memperhatikan aspek pengetahuan dan membuat klaster-klaster ekonomi baru,” katanya.

Disisi lain, Gubernur mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas kinerja BI yang ikut mempromosikan Sumsel. Diharapkan Pemulihan ekonomi akan lebih baik meskipun ditengah pandemi Covid-19.

” Saya harap BI terus bersinergi memperbaiki dalam pemulihan ekonomi di Sumsel. Terutama di bank-bank berada di daerah untuk diberikan pembimbingan,” ujarnya.

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait