Empat Barang Bukti Tindak Pidana Dimusnahkan

SWARNANEWS.CO.ID.LAHAT I Pemusnahan Barang Bukti dan Barang Rampasan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (Inkracht) Kejaksaan Negeri Lahat, Rabu (15/09) bertempat di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Lahat.

Empat barang bukti tersebut adalah Tindak Pidana Narkotika sebanyak 68 perkara, Tindak Pidana Terhadap Orang dan Harta Benda sebanyak 39 perkara, Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara, Ketertiban Umum dan TPUL sebanyak 6 perkara serta Tindak Pidana Ringan.

Dalam sambutanya,  Kepala Kejaksaan Negeri Lahat Fithrah,SH menyampaikan bahwa dalam penusnahan Barang bukti ini terdapat beberapa pidana yang dominan diantaranya kasus narkotika.

Disampaikannya juga, bahwa adapun barang bukti yang digunakan diantaranya Tindak pidana Narkotika sebanyak 69 perkara dengan barang bukti berupa narkotika jenis ganja seberat 638,249 gram, Meramefena 92,602 gram, MDMA 8 butir berat 3,191 gram serta pecahan tablet seberat 1,458 gram.

Bukan hanya itu, ada beberapa barang bukti tindak pidana lainnya, seperti tindak pidana terhadap orang dan harta benda yakni 39 perkara, yang terdiri dari sajam 2 bilah dan barang bukti lain seperti baju, celana, tas dan lainnya.

Ia juga menyebutkan ada barang bukti tindak pidana terhadap keamanan negara, ketertiban umum dan TPUL sebanyak 6 perkara yang terdiri dari 2 pucuk senpi rakitan jenis revolver, 11 butir peluru aktif yang akan diserahkan untuk dimanfaatkan ke detasemen peralatan 02-12-04 lahat serta bukti lain seperti baju, celana, tas dan lainnya. Serta tindak pidana ringan yakni 48 botol minuman keras berbagai jenis dari 4 perkara tindak pidana ringan

Fithrah juga berpesan agar pemerintah serius menangani kasus narkotika yang sedang merajalela, karena saat ini menurutnya para pemakai bukan hanya sekedar memakai namun sudah menjadi pengedar.

Untuk itu, ia berharap pemerintah jangan kendor dalam menangani kasus narkotika dan mereka yakin pemerintah bisa, serta pihaknya pun siap berada dibelakang pemerintah untuk pemberantasan narkotika ini.

Sementara itu,  Bupati Lahat Cik Ujang, SH juga meminta kepada masyarakat supaya menjaga anak mereka agar tidak tersentuh barang haram jenis narkoba dan menjauhi segala bentuk pidana yang akan menyeret mereka ke hukum.

“Kepada generasi Penerus Bangsa terutama yang ada di Kabupaten Lahat agar menjauhi segala bentuk kejahatan, jauhi narkotika agar menjadi generasi yang cerdas,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan pemusnahan Barang bukti ini, Bupati Lahat Cik Ujang, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi,ST, SH, Dandim 0405 Lahat Letkol Syawaf Al-Amin, SE.,M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Jimmy Marulli,SH, Ketua MUI Lahat KH. Zulkiah A Kohar, PJ Sekda Lahat serta kepala OPD diruang lingkup Pemkab Lahat.

Teks: Jumra
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait