Gempar Penemuan Harta Karun Kerajaan Sriwijaya

Swarnanews.co.id |Warga Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan digegerkan penemuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Ada emas, perunggu dan giok dalam berbagai bentuk.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, Senin (11/9/2017) sampai saat ini warga masih mendatangi lokasi penemuan yang merupakan bekas lahan terbakar untuk mencari keberuntungan. Pihak terkait masih meneliti untuk menetapkan kawasan tersebut sebagai situs cagar budaya peninggalan kerajaan Sriwijaya.

Kasubbag Media Komunikasi Publik Pemkab OKI Adiyanto menyebut, tempat penemuan emas dan barang-barang bersejarah diduga sebagai dermaga saat masa kerajaan di Talang Petai, Tulung Selapan. Bahkan, sejak tahun tahun 2015 warga sudah melakukan perburuan barang-barang yang menjadi bukti sejarah bekas dermaga tersebut.

“Dari tahun 2015 itu sudah ada penemuan beberapa barang-barang diduga peninggalan kerajaan Sriwijaya saat mencari ikan. Ada yang menemukan emas berupa gelang, perunggu, prasasti, giok dan bekas perahu yang sudah sangat tua,” sebutnya saat dikonfirmasi detikcom.

Dari tahun 2015 itu, warga sempat berhenti melakukan pencarian karena tidak lagi ditemukan adanya barang berharga berupa emas dan sebagainya. Namun, sejak dua minggu terakhir warga warga kembali digegerkan dengan penemuan gelang emas dan perhiasan lain di kawasan tersebut.

“Yang terbaru kemarin ini warga Jaya Makmur OKI menemukan emas berupa cincin dan pernik-pernik perhiasan pada zaman kerajaan Sriwijaya, jika ada yang memiliki nilai sejarah langsung kita selamatkan dan beli dari masyarakat untuk penelitian lebih lanjut. Peneliti dari Balai Arkeologi Palembang dan Balai Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Jambi juga sudah datang beberapa hari lalu untuk meneliti di kawasan tersebut,” sambungnya.

Sumber Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *