Gubernur Sumsel Berharap Jeruk Gerga Jadi Salah Satu Icon Pagaralam

SWARNANEWS.CO.ID, PAGARALAM | Saat berkunjung ke Pagaralam, Sabtu (26/12/2020) kemarin Gubernur Sumsel H Herman Deru mendatangi sejumlah objek wisata yang dikelolah oleh masyarakat Pagaralam yakni, Agrowisata kebun jeruk Gerga yang ada di Desa Gunung Agung, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam.

Di sini Herman Deru mengajak para kepala Dinas Provinsi dan wisatawan untuk dapat merasakan langsung nikmatnya rasa buah jeruk Gerga Pagaralam. Bahkan dirinya langsung memetik sendiri jeruk yang pernah menjadi juara dalam lomba di Griya Agung Palembang beberapa waktu lalu.

Melihat potensi buah jeruk Gerga tersebut Gubernur meminta Pemerintah Kota Pagaralam dapat menjadikan jeruk Gerga Pagaralam untuk menjadi salah satu icon Pagaralam.

“Nama jeruk Gerga ini sudah dikenal banyak warga Sumsel, karena pernah menjadi juara dalam lomba buah di Griya Agung tahun lalu. Bahkan penjualannya dalam 2 hari mencapai satu ton lebih,”ujar Deru.

Melihat potensi ini pihaknya meminta Pemkot Pagaralam melalui Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni dan Dinas terkait untuk dapat memanfaatkan hal ini sebagai sumber pendapatan masyarakat Pagaralam.

“Jeruk Gerga Pagaralam bisa dijadikan ikon baru untuk menggaet wisatawan. Namun harus punya inovasi agar lebih mudah dinikmati dan bernilai ekonomis lebih tinggi,” tuturnya.

Salah satu caranya menurutnya, yaitu dengan membuat minuman kemasan dari Jeruk Gerga. Nantinya minuman itu akan menjadi oleh-oleh para wisatawan sesudah berkunjung ke Pagaralam.

“Pemkot harus siap alat atau mesin untuk mengelolah Jeruk Gerga ini menjadi minuman ringan. Nanti minuman ini akan menjadi oleh-oleh khas Pagaralam dan akan dibawa keluar Pagaralam oleh wisatawan. Maka dampaknya Pagaralam akan semakin dikenal bukan saja dari wisatanya namun juga oleh-oleh khasnya,”pungkas Deru.

Teka : Reri Alfian

Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait