Hapus Stigma Kampung Senpi

SWARNANEWS.CO.ID, Kayuagung Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir bersama TNI terus melakukan pembinaan agar stigma keberadaan kampung senpi di OKI menghilang.

Sekretaris Daerah (Sekda), H Husin SPd MM mengatakan, upaya tersebut dilakukan melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 di Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang dibuka secara resmi kemarin (4/4).

Ia menuturkan, program TMMD dinilai sangat tepat dalam membantu Pemerintah membangun infrastruktur pedesaan di wilayah pelosok.”Masyarakat sudah banyak merasakan dampak positif program TMMD, mudah-mudahan program ini terus berkesinambungan,” terangnya disela-sela sela pembukaan TMMD ke 101 di Desa Sungai Ceper.

Sinergitas antara Pemkab OKI dan Kodim 0402 OKI ini menurutnya sebagai upaya untuk menghilangkan stigma kampung narkoba

Sementara Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Seprianizar SSos mengatakan, kegiatan TMMD adalah membantu Pemda OKI melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah yang sulit terjangkau. Dandim juga menegaskan akan menghapus image negatif Desa Sungai Ceper sebagai kampung senpi

“Perlu dicatat bahwa tidak ada lagi yang namanya kampung senpi, lihat sendiri keramahan warga disini mereka membaur bersama TNI membangun desa” tegas Dandim.

Dandim menambahkan, dalam TMMD sendiri, ada 2 kegiatan yang dilaksanakan yaitu fisik dan non fisik. Untuk fisik, telah dibangun jalan 10 Km yang menghubungkan Dusun 5 dengan Dusun 8 Desa Sungai Ceper. Pihaknya juga akan melanjutkan pembangunan masjid yang belum rampung selama 25 tahun di desa tersebut.

Sementara untuk non fisik, sambung Dandim, prajurit TNI akan memberikan wawasan kebangsaan, pengobatan gratis, sunatan massal, pengentasan buta huruf Alquran, penyuluhan hukum, kamtibmas, serta bahaya narkoba.

Selain itu juga, pihaknya akan melaksanakan perlombaan rakyat dan kegiatan-kegiatan dengan masyarakat yang melibatkan komponen dari Pemda, Polres, Kejari, BKKBN, Ponpes dan Organisasi Binaan Kodim 0402/OKI.

“Sebenarnya, kita dalam TMMD ini lebih menitikberatkan pada sasaran non fisik, bagi kita masyarakat merupakan hal yang diutamakan. Sebab rakyat adalah ibu kandung TNI,” pungkas Dandim.

editor : Sarono ps

sumber : sumeks.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait