Harga ikan gabus melonjak

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG Harga ikan gabus di sejumlah pasar tradisional di Palembang, Sumatera Selatan, dalam sepekan terakhir melonjak karena pasokan yang berkurang akibat pengaruh cuaca.

Harga ikan yang menjadi bahan baku membuat pempek ini, Rabu, kini berkisaran Rp65.000 per kilogram dari biasanya hanya Rp30.000 hingga Rp40.000 per kg karena terjadi hujan lebat di daerah penghasil.

“Sekarang pasokan dari agen sedikit karena air sedang dalam,” kata Mukmin, pedagang daging ikan, di Pasar Perumnas Palembang.

Kenaikan harga bukan hanya pada ikan segar, tapi juga ikan gabus giling seperti di Pasar Lemabang yang bergerak naik dari Rp55.000/kg menjadi Rp60.000/kg

Alamsyah, pedagang ikan giling di pasar tersebut mengatakan pasokan dari Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir berkurang sejak sepekan terakhir.

Saat ini pasokan ikan gabus di Palembang sebagian besar dari OKI karena lokasi-lokasi di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin terbilang sudah tidak banyak lagi.

“Dari agen agak kurang sedikit karena ada hujan lebat beberapa hari lalu,” kata dia.

Ikan gabus merupakan salah satu bahan baku yang cukup digemari masyarakat untuk membuat empek-empek selain ikan tenggiri karena harganya relatif terjangkau.

Sementara itu, karena kenaikan harga ini membuat konsumen beralih ke ikan laut seperti ikan ruca dan ikan parang-parang yang relatif lebih murah, seperti diungkapkan seorang ibu rumah tangga, Soleha.

“Tidak mesti ikan gabus, bisa pakai ikan lain. Tetap enak juga dibuat pempek meski harganya murah,” kata dia.

Editor: Sarono PS

Sumber: Antara

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait