Harga Kopra Melejit Rp. 6.500 per Kilogram

SWARNANEWS.CO ID, AMBON, 28/12/2019 | Harga hasil perkebunan Maluku yakni kopra yang ditawarkan para pembeli di Kota Ambon kini bergerak naik cukup tajam dan para petani ramai-ramai menjual hasil olahan kelapa itu.

Pantauan di lokasi transaksi di kawasan jalan Setia Budi, kawasan Rijoly, Keluarahan Batu gajah, Sabtu, terlihat pembeli menawarkan harga kopra naik tajam dari sebelumnya Rp4.000 menjadi Rp6.50 per Kg.

“Kami menaikkan harga beli kopra di Ambon ini sudah sesuai dengan perkembangan harga di pasar utama Surabaya dan telah sejak tiga hari yang lalu. Kami juga berharap patokan harga ini dimanfaatkan para petani untuk menjual hasil olahan mereka selama ini,” kata Evi pemilik toko sekaligus dijadikan tempat transaksi.

Sekarang ini para petani di mana-mana mendapat angin segar, dan ini kesempatan untuk menjual kopra, karena perkembangan harga komoditi yang satu ini tidak stabil, kadang juga anjlok hingga Rp2.000 per Kg.

Dia mengatakan, kalau harga hasil perkebunan lainnya hingga kini masih terus bertahan, apalagi cengkih yang sudah bertahan selama satu minggu belakangan ini yakni Rp70.000 per Kg, atau naik dari sebelumnya Rp62.000 per Kg.

“Biji pala juga harganya cukup baik, hanya saja kita harus meneliti dulu komoditi yang satu ini, kalau pala bundar yang baik kita menawarkan harga Rp65.000 per Kg, kalau sedikit berkeriput sudah pasti harga di bawah, tidak mencukupi Rp65.000 per bisa saja Rp60.000 per Kg,” ujarnya.

Kecuali fuli (bunga biji pala) harga masih tetap Rp230.000 per kt, dan bertahan cukup lama, sedangkan coklat Rp25.000 per  Kg.

Teks/Editor : Antara/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait