Hari Ini Desa Biyuku Banyuasin Menggelar Pemilihan Anggota BPD

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Desa Biyuku Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, mengadakan pemilihan langsung. Dalam rangka pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021 — 2027, bertempat di halaman Kantor Desa setempat, Selasa, (24/3/3021).

Ketua panitia pemilihan BPD Desa Biyuku Ardiman mengatakan, bahwa sebagaimana keputusan musyawarah dan rapat desa, pada pengisian anggota BPD kali ini masyarakat sepakat dilakukan. Yakni, dengan cara pemilihan langsung yang dilaksanakan melalui perwakilan wilayah, dengan dua dapil sesuai dengan wilayah dusun.

“Saya sepakat hasil Musyawarah Desa (Musdes) tersebut, dari wilayah dapil satu akan dipilih Dua orang, sedangkan wilayah dapil Dua akan dipilih Dua orang dan untuk keterwakilan perempuan akan dipilih satu orang. Calon dari dapil satu sebanyak empat orang. Calon dari dapil Dua sebanyak lima orang, dan untuk calon keterwakilan perempuan sebanyak tiga orang,” Kata dia.

Dalam penentuan ini lanjut dia, berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing dusun. Sedangkan calon anggota BPD perwakilan perempuan hanya satu orang calon wajib perempuan. Dan akan dipilih hanya oleh perempuan di Desa Biyuku.

Pemilihan kali ini diselenggarakan dengan menempatkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) dalam satu tempat, dan dibuat tiga kotak suara untuk masing-masing dapil. Dan 1 kotak suara untuk keterwakilan perempuan.

“Nanti kita ambil suara terbanyak dari setiap dusun. Jadi anggota yang akan terpilih berasal setiap dusun sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD,” jelas dia.

Kata dia, dari keterwakilan wilayah pemilihan, yang terjaring sebanyak 12 orang. Dengan rincian calon anggota BPD dapil satu sebanyak empat calon, dapil dua sebanyak lima orang. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan terjaring sebanyak tiga orang perempuan, yang akan dipilih oleh hanya perempuan se-Desa Biyuku.

“Adapun jumlah DPT pemilih keseluruhan 876 mata pilih. Dengan rincian di Dusun 1 sebanyak 543 pemilih, Dusun Dua sebanyak 333 mata pilih,” ujar dia.

Kepala Desa (Kades) Biyuku Imron Rosadi berharap, kepada calon anggota terpilih untuk bisa menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik. Juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

”Terimakasih kepada Panitia, KPPS, Peserta, Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan helat ini,” ucap dia.

Kades Imron Rosadi berharap, kepada yang telah terpilih nantinya, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa Biyuku ke arah yang lebih baik. Dan bermarwah mulia di sisi Allah SWT bagi kesejahteraan warga masyarakat. Dan tetaplah memberi bakti terbaik kepada yang telah mencoba mendapatkan kepercayaan masyarakat, lewat kontestasi namun belum terwujud sesuai yang saudara harapkan,” tutur dia.

Di kesempatan yang sama Sekdes Biyuku Dwika Transprasetia,S.P menambahkan, untuk BPD yang terpilih nanti bisa bekerja sama dan bersinergi untuk membangun Desa Biyuku untuk lebih baik. Karena tanpa BPD roda pemerintahan tidak akan berjalan.

”Yang pasti tanpa BPD roda pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik,” ucap Dwi.

Dia juga menyebut bahwa BPD mempunyai tugas yakni, menggali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat, mengelola aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah BPD, menyelenggarakan musyawarah Desa dan membentuk panitia pemilihan Kepala Desa.

Sementara Bhabinkamtibmas Polsek Betung Bripka Gandhi Prianata, saat memantau pemilihan tersebut berharap bisa berjalan dengan aman dan lancar. “Kita berharap pemilihan ini bisa berjalan lancar, aman dan sukses. Dan bagi yang terpilih jangan terlalu berbangga diri juga bagi yang belum terpilih harap bersabar,” tegasnya. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait