Herman Deru : Musi Rawas Berusia Tua, Tapi Punya Semangat Ala Remaja

SAWARNANEWS.CO.ID, MUSI RAWAS | Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru hadir dalam acara puncak hari ulang tahun Kabupaten Musi Rawas yang ke-78 yang dikemas dalam upacara resmi Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Selasa, 20/04/2021.

Saat menyampaikan sambutan gubernur yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (DPW Partai Nasdem) Provinsi Sumatera Selatan ini, mengilustrasikan bahwa secara usia Kabupaten Musi Rawas (Mura) sudah tidak muda lagi bahkan tergolong tua. Tapi memiliki semangat layaknya seorang remaja.

Kenapa hal demikian terjadi kata Deru, sebab Mura ini sudah melahirkan dua daerah otonom baru (DOB), yaitu Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Sebagai ibu kandung atau saudara kandung yang membelah diri menjadi tiga daerah yang terpisah, Musi Rawas paling berbeda dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumatera Selatan yang sebelumnya sama-sama mekar.

“Dari lahirnya Kota Lubuklinggau, justeru Mura harus berbesar hati hengkang keluar dari Lubuklinggau bahkan Ibukotanya pun harus berganti menjadi Muara Beliti. Juga demikian tidak sedikit pula Mura sebagai daerah tertua tadinya harus rela melepaskan aset-asetnya yang berada di dalam wilayah Kota Lubuklinggau”, ungkap H Herman Deru.

Oleh karena itu kita semua lanjut Deru, banyak belajar mengenai kearifan, kebijaksanaan, solidaritas, kebesaran jiwa dan kesabaran dengan Kabupaten Musi Rawas.

“Mura berusia tua dengan rela harus kembali ke titik nol, membangun menata ulang bahkan mendirikan Ibu Kota baru. Makanya saya sebut Mura tua tapi semangatnya ala remaja. Sama halnya dengan DOB atau daerah baru mekar. Oleh karena itu wajar jika saya selaku gubernur memberikan sedikit lebih perhatian terhadap ketertinggalan Mura”, ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengawali pidatonya dengan ungkapan pantun.

“Menjelang petang terdengar adzan. Menjelang siang menebang bambu. Selamat datang Bapak Gubernur Sumatera Selatan. Masyarakat Musi Rawas selalu menunggu”, ungkapan pantun Hj Ratna Macmud.

Atas nama masyarakat Mura Hj Ratna Macmud dan Wakil Bupati Hj Suwarti Burlian, mengucapkan rasa haru dan bahagianya atas pencapaian hari jadi Mura ke-78.

“Momentum HUT ke-78 ini merupakan kesempatan pertama Ratna-Suwarti memimpin Mura lima tahun ke depan dengan visi Mura Mantab yaitu Maju, Mandiri dan Bermartabat” ungkap Ratna.

Peringatan HUT MURA Ke-78 lanjut Ratna, hendaknya dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi dan koreksi terhadap capaian kinerja pembangunan daerah khususnya menyangkut kesejahteraan rakyat.

“Jangan jadikan HUT ke-78 ini sebagai agenda rutin yang hanya bersifat seremonial belaka. Tetapi hendaknya dimaknai titik langkah kita untuk terus memperbaiki, terus berkarya dan membangun daerah Kabupaten Musi Rawas menuju ke arah yang lebih baik dan berprestasi”, ajak Ratna.

Hj Ratna Macmud juga menyampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan dan hadirin bahwa sepanjang usianya yang ke-78 tahun sudah dua kali melahirkan DOB yaitu Kota Lubuklinggau tahun 2001 dan Kabupaten Musi Rawas Utara tahun 2012.

“Tujuan pemekaran daerah baru adalah intinya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya mengajak secara khusus kepada Walikota Lubuklinggau dan Bupati Musi Rawas Utara, untuk terus meningkatkan kerjasama, bahu membahu dengan Kabupaten Musi Rawas sehingga tujuan pemekaran daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud”, papar Hj Ratna Machmud seraya mengarahkan pandangannya ke arah tempat duduk Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan Bupati Musi Rawas Utara, H Devi Suhartoni.

Kemudian melengkapi pidatonya Hj Ratna Macmud memutar video visualisasi rekam jejak sejarah Kabupaten Musi Rawas.

Sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Musi Rawas dengan agenda memperingati HUT ke-78 Mura ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu qori terbaik asal Musi Rawas yaitu Ustadz Edi Irama S Ag. Qori ini sendiri disebut pernah menjadi utusan Indonesia pada lomba MTQ Internasional di Kuwait pada tahun 2019.

Hadir dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Musi Rawas dalam rangka memperingati HUT Mura ke-78, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru beserta istrinya yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj Febrita Lustia Herman Deru, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara, H Devi Suhartoni, Dandim 0406 MLM, Letkol Inf Erwinsyah Taulan, SH, M.Si, Kapolres Mura AKBP Efrannedy, S.I.K, M.A.P, Kejari Lubuklinggau, Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau, Ketua DPRD Mura, seluruh anggota DPRD Mura, Ketua DPRD Lubuklinggau, Perwakilan dan utusan Kabupaten dan Kota tetangga, Sekda Mura, Sekwan Mura, Kadis, Kaban, Camat, Kades, Lurah, Pemuka Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, LSM, Jurnalis dan undangan lainnya.

Usai gelaran sidang paripurna istimewa acara dilanjutkan dengan pengukuhan Hj Ratna Macmud sebagai Bunda PAUD Kabupaten Musi Rawas. Pengukuhan dilakukan oleh gubernur H Herman Deru didampingi Hj Febrita Lustia Herman Deru. (ADV)

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait