HMI Cabang Lubuklinggau Diskusi Publik dan Maperca

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUK LINGGAU | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lubuklinggau mengadakan Diskusi Publik dan Masa Perkenalan Calon Anggota (Maperca) di gedung kesenian Kota Lubuklinggau (13/12/2020). Hadir sebagai pembicara adalah ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Lubuklinggau sekaligus alumni HMI, DR Rudi Erwandi dan Muhammad Yunus MPd, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bumi Silampari Lubuklinggau. Kegiatan diikuti oleh Mahasiswa yang berasal dari Universitas dan Perguruan Tinggi yang ada di Lubuklinggau, seperti STAI Bumi Silampari, STKIP Lubuklinggau, Universitas Bina Insan dan Universitas Musi Rawas.

Muhammad Yunus, selaku pemateri mengatakan bahwa peserta harus memahami tujuan kegiatan yang dilakukan. Maperca ini adalah orientasi supaya memiliki arah yg jelas dalam rangka pengembangan diri untuk mahasiswa agar sukses.

“Diperlukan skill untuk sukses, lalu relasi agar kita dapat mengaktualisasikan skill yang kita miliki,” ujar Yunus.

Rudi Erwandi mengatakan bahwa kontribusi HMI kepada negara adalah membentuk kader-kader yang berkualitas. Aktualisasi mahasiswa adalah belajar, belajar di dalam kampus dan di luar kampus termasuk organisasi eksternal.

“Saya pesan, untuk pengurus HMI harus banyak belajar dari alumni dengan berbagai karakter alumni yang berbeda. Untuk mahasiswa teruslah belajar beraktualisasi di dalam dan luar kampus” ujar Rudi.

“Orang sukses harus disiplin dan jujur. Selanjutnya orang sukses harus bisa berkomunikasi. Selanjutnya berorganisasi untuk membangun jaringan” tegas Rudi.

Andika Putra, mahasiswa Universitas Bina Insan Lubuk linggau yang sekaligus sebagai moderator acara mengatakan bahwa tema diskusi publik yang diadakan adalah “Aktualisasi Fungsi Mahasiswa Melalui Organisasi Untuk Mewujudkan Masyarakat Adil Makmur”.

“Maperca sebagai pengenalan calon anggota karena mahasiswa di kampus harus menjadi mahasiswa unggul dengan ber HMI. Harapannya dengan mengikuti kegiatan maperca, mahasiswa bisa mengikuti training yang ada di HMI” ujar Andika.

Ganda Pradana, ketua bidang Peguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) HMI cabang Lubuklinggau mengatakan bahwa agenda ini sudah direncanakan sejak awal. Tema yang diambil adalah refleksi yang jelas bagi mahasiswa, dimana mahasiswa merupakan tolok ukur kemajuan suatu negara.

“HMI merupakan peradaban yang berpihak kepada rakyat. HMI merupakan harapan masyarakat Indonesia” ujar Ganda.

Wisnu Wendi Nugroho, selaku ketua pelaksana didampingi Septizal Trazilna Sekretaris kegiatan mengatakan berterima kasih atas support dari alumni dan stakeholder terkait sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan jumlah peserta sebanyak 51 orang mahasiswa/i serta alumni HMI di Lubuk Linggau.

Teks: Supriadi
Editor: Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait