Pendidikan Biologi  UIN Raden Fatah Bakal Gelar Seminar Nasional

Membahas Perkembangan Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Keislaman

 

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Pendidikan Biologi  Fakultas  Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah bakal menggelar Seminar Nasional “Perkembangan Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Keislaman: Skill Enterpreneur di Era Revolusi Industri 4.0” Rencana tersebut terungkap saat kunjungan Ketua Panitia Semnas Dr. Delima Engga Maretha, M.Kes ke Kantor Redaksi Swarnanews di Palembang, Kamis (10/10/2019).

“Mohon bantu dan dukungan pemberitaannya ya Pak agar kegiatan ini bisa berjalan sukses,” ujar Delima didampingi salah seorang anggota panitia kepada Pemimpin Redaksi Swarnanews Sarono P Sasmito.

Sarono P Sasmito menyambut baik permintaan tersebut dan Swarnanews siap memberikan dukungan pemberitaan.

Delima  yang juga alumnus Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unsri ini menambahkan, kegiatan tersebut dimaksudkan  untuk ikut  memajukan IPTEK Indonesia di era revolusi industri 4.0.

Salah satunya dengan mengkaji secara mendalam pada  Seminar Nasional dan EXPO biologi. Sedangkan tema yang digagas untuk seminar tahun 2019 itu  didasarkan oleh fenomena yang terjadi di Indonesia, di mana untuk meningkatkan mutu pendidikan merupakan tugas dari setiap instansi yang terkait dalam dunia pendidikan seperti Prodi Biologi UIN Raden Fatah..

Apalagi pendidikan adalah syarat yang tak dapat dihilangkan, karena pendidikan merupakan syarat utama untuk memajukan bangsa dan negara. Sedangkan pembelajaran biologi yang berbasis Islam masih minim diketahui khalayak pada era digital sekarang. Dari perkembangan penelitian  khususnya biologi yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat salah satunya ialah bioteknologi.

Seminar yang akan digelar Kamis, 7 November 2019 di Gedung Rafah Tower tersebut akan menghadirkan Dra. Siti Huzaifah, M.Sc. Ed. Ph.D Dosen Pendidikan Biologi UNSRI sebagai Keynote Speaker. Kemudian Dr. dr. Irfannuddin, Sp. KO., M. Pd. Ked dari  FK UNSRI serta Dr. Yanti Herlanti, M. Pd dari  Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Adapun  tujuan kegiatan dimaksudkan untuk  meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam hal publikasi hasil penelitian di bidang biologi. Kemudian memperluas jaringan kerjasama antara peneliti dengan praktisi dalam bidang biologi dan bidang-bidang ilmu yang terkait.

Di sisi lain juga untuk menginformasikan kepada peserta seminar tentang peran hasil seminar penelitian biologi berbasis keislaman: skill dan entrepreneur di era revolusi industri 4.0.  Memberikan pemahaman kepada peserta seminar tentang perkembangan pembelajaran biologi, serta integrasi pembelajaran dan penelitian biologi terhadap keislaman. Serta mengasah kreaktifitas peserta expo dalam mengikuti lomba yang berkaitan dengan biologi. Sedangkan sasaran kegiatan pelajar, mahasiswa, guru dan dosen serta masyarakat.

Hal  yang menggembirakan kegiatan itu juga didukung penuh oleh Rektor UIN raden Fatah Prof. Drs. H.M. Sirozi, M.A., Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prof. Dr. H Kasinyo Harto, MAg. Serta Ketua Prodi Pendidikan Biologi Dr. Indah Wigati, MPd.I.

Delima mengharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan sukses dan bagi calon peserta yang berminat ikut kegiatan tersebut agar dapat menghubungi panitia di Prodi Pendidikan Biologi UIN Raden  Fatah Palembang.

Kontributor: Delima
Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *