Inilah Nama-nama Pimpinan BAWASLU SUMSEL

SWARNANEWS | Tiga orang pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2017-2022 yaitu Iin Irwanto, ST MM, Junaidi S.E, M.Si, dan Iwan Ardiansyah, SH mengaku siap untuk menjalankan amanah sebagai pengawas pemilu di Provinsi Sumsel.

Ketiganya nampak di acara Bawaslu Sumsel melantik 17 Kepala Sekretariat Panwas Kabupaten Kota Seluruh Sumsel di aula lantai III Hotel Horison Ultima, Palembang, Senin (18/9).

Junaidi S.E, M.Si yang juga mantan anggota divisi hukum dan pengawasan KPU Pagaralam 2009-2014 ini menilai, Bawaslu Sumsel sudah meletakkan dasar-dasar yang tepat.

“Kalau kecepatannya kira-kira 80 kedepan akan kita coba diatas itu , Bawaslu Sumsel sudah menetapkan Panwas Kabupaten kota dan Kepala Sekretariatnya, kita tinggal membekali , memberikan transper ilmu kepada mereka terkait kedepan agar perjalanan pengawasan lebih baik, lakukan tugas dengan baik, kerjakan kewajiban sebaik-baiknya, gunakan kewenangan sebagai pengawas pemilu dengan searif-arifnya,” katanya

karena pernah menjadi KPPS, PPS, PPK dan KPU,” Yang belum saya coba di pengawasnya, alhamdulilah tuhan memberikan izin kepada saya,” katanya.
Ketika ditanya, apakah siap menjadi Ketua Bawaslu Sumsel karena banyak memiliki pengalaman kepemiluan, Junaidi mengaku tergantung dengan dua rekannya tersebut.

“Penentuan ketua, harus bermusyawarah bertiga , siapa yang paling layak ,” katanya.
Untuk pelantikan mereka bertiga dilakukan tanggal 20 September 2017 di Jakarta dilanjutkan Bimtek dan Outbound sampai tanggal 26 September 2017.
“Mungkin tanggal 27 September masuk kantor atau setidaknya tanggal 28 September 2017 dan saya sebagai anak bangsa siap ditempatkan dimana saja,” kata pria kelahiran Pagaralam 12 Juni 1974.

Dan pastinya, Junaidi mengaku dirinya sudah banyak memiliki pengalaman kepemiluan selama ini dan dua rekannya belum memiliki pengalaman di kepemiluan.

Sedangkan Iwan Ardiansyah, SH yang memiliki latar belakang wartawan di Prabumulih mengaku, setelah pelantikan mereka akan menentukan siapa Ketua Bawaslu Sumsel dan dilanjutkan mengikuti Bimtek di Bawaslu RI. “Kita bertiga sudah saling kenal dan sudah berkoordinasi,”

Sementara Iin Irwanto, ST MM yang memiliki latar belakang wiraswasta (pengusaha) berharap, pelaksanaan pemilu di Sumsel bisa berjalan dengan demokratis, berkualitas, aman dan damai serta diharapkan calon-calon yang terpilih adalah calon-calon yang diharapkan oleh masyarakat. “Kita akan bergerak cepat, melakukan konsolidasi, pemantapan organisasi sebagai infrastruktur kita agar seluruh tahapan-tahapan ini bisa terlaksana dengan baik, dimulai dari Panwascam sampai ke pengawas TPS, semuanya akan kita lengkapi dengan peralatan dan media-media yang dibutuhkan agar pelaksanaan pengawasan ini bisa berjalan secara optimal,” ujarnya

Dia mengaku, masuk ke Bawaslu Sumsel lantaran generik dirinya dari kecil yang terpaling untuk peduli pada kehidupan sosial masyarakat terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan menjadi anggota Bawaslu Sumsel menurutnya pengalaman pertama dirinya.

“Jadi generik saya ini adalah aktivis sejak mahasiswa dan ini berlangsung terus sampai saya menekuni pekerjaan pun saya selalu bersinggungan dengan kegiatan-kegiatan yang kita berusaha peduli terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata alumni tehnik elektro Universitas Sriwijaya (Unsri).

Sebelumnya Bawaslu Provinsi Sumsel melantik 17 Kepala Sekretariat Panwas Kabupaten Kota Seluruh Sumsel di aula lantai III Hotel Horison Ultima, Palembang, Senin (18/9).

 

fauzan

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait